Kasubdit Pendidikan Al Qur’an Kemenag Kunjungi Ponpes Al Kautsar

LIMAPULUHKOTA, Suara Muhammadiyah – Kasubdit Pendidikan Al Qur’an Kemenag RI Dr.H. Mahrus, M.Ag kunjungi Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat, Sabtu, 18 Desember 2021. Kunjungan ini dalam rangka Monev UMKM Pesantren Tahun 2021. UMKM Pesantren ini merupakan salah satu Program Prioritas Kementerian Agama Tagun 2021 di Bawah pimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ungkapnya.

Dengan Program UMKM Pesantren ini diharapkan dapat mewujudkan Kemandirian Pesantren.

Pondok Pesantren sejak awal berdirinya memang  tumbuh dan berkembang atas swadaya Masyarakat. Dengan adanya Program UMKM Pesantren ini di harapkan Pondok Pesantren dapat semakin kuat dan lebìh mandiri, tambahnya.

Tahun 2021 ini Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Harau terpilih sebagai salah satu Pilot Projek 100 UMKM Pondok Pesantren dari kemenag RI.

Ust Dafri Harweli selaku Mudir Al Kautsar mengucapkan Terimakasih atas dukungan dan bantuan dari Kemenag RI dengan  dipilihnya Al Kautsar sebagai salah satu pilot Projek Program UMKM ini. “Kami sangat senabg dan berterima kasih atas bantuan ini,” tambahnya.

Sejak tahun 2015 Pondok Pesantren Al Kautsar memang memiliki perhatian yang besar terhadap pengembangan Ekonomi Pesantren, untuk itu kami mendiri berbagai unit usaha untuk memenuhi kebutuhan Pondok Pesantren, seperti Rumah Makan (Pujasera), minimarket, foto copy, laundry, barbe shop, Galery Pakaian Musmim, depot air minum, kantin santri dan Kolam Ikan dengan sistem Bio flok.

Unit-unit usaha  didirikan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan warga pesantrentetapi juga masyarakat di sekitar Pondok Pesantren. Bahkan Para musafir dan wisatawan pun ikut menikmati karena memang letak Pondok Pesantren yang sangat strategis di Ibu Kota Kabupaten dan Di pinggir jalan Raya Negara Sumbar-Riau.

Dalam kunjungan ini Kasubdit PQ di dampingi oleh Kabid Pakis Kabwil Kemenag Sumbar, Bapak Dr.H. Rinalfi, MM, MA  dan kasi PD Pontren  Kemenag Lima Puluh Kota Dr.H.Ifkar, M.Ag. Rombongan di terima langsung oleh Mudir Al Kautsar Ust Dafri Harweli, M.Pd.I di ruang mudir, di dampingi oleh uatH.M.Irdamsyah selaku Wakil mudir dan M.Fadhil Manager Unit Usaha Al Kautsar.

Exit mobile version