Ikhtiar FKIP UMGO Membumikan Al-Qur’an

GORONTALO, Suara Muhammadiyah – Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan kegiatan pembukaan pembinaan Bimbingan Baca Qur’ an (BBQ) dan kajian keislaman diintegrasikan dengan kajian ilmiah keolahragaan dan pengembangan pendidikan dasar di Aula LPPM, Jum’at (17/12/21).

Dekan FKIP Dr. Abd. Hamid Isa dalam pengantarnya menjelaskan BBQ dan kajian keislaman adalah amanah dari rapat kerja FKIP sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Baitul Arqam yang dilaksanakan Universitas untuk para dosen dan tenaga pendidikan untuk mendalami Al-Qur’an, dimulai bagaimana membacanya sesuai dengan Ilmu tajwid dan setelah itu baru dikaji isi dan kandungannya,”tegasnya.

Dr. Abd. Hamid Isa melanjutkan penyampaiannya bahwa untuk awal kegiatan BBQ dan kajian keislaman ini,kita mulai dari dosen dan Tenaga pendidik, kedepan akan diprogramkan untuk mahasiswa dan bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Gorontalo. “Perlu juga saya laporkan bahwa prodi Ilmu keolahragaan selalu menampilkan tema- tema menarik dalam kajian Ilmiahnya begitupun dengan Prodi PGSD, Alhamdulillah 10 orang alumni PGSD lulus dan mengisi P3K tersebar di Gorontalo, ini prestasi dari UMGO khususnya PGSD, ” tutupnya.

Ketua PDNA Kabupaten Gorontalo Atiq Aqiqotul Hasanah, M.A, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dekan FKIP telah mengajak Nasyiatul Aisyiyah untuk bekerjasama dalam menjalankan program ini, semoga ini menjadi ladang amal.

“Pimpinan Daeran Nasyiatul Aisyiyah adalah gerakan perempuan putri Aisyiyah Muhammadiyah, yang memiliki gerakan dakwah dan fokus kajian keislaman, gerakan kami membina masyarakat termasuk membina Lingkungan kampus, mudah- mudahan kerjasama ini berjalan dengan baik,” tutupnya.

Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa dalam sambutannya menyampaikan, ” saya berbahagia bisa hadir membuka 3 agenda acara dan dibuka sekaligus yaitu BBQ, Kajian keislaman dan kajian ilmiah Keolahragaan.

BBQ sangat penting, jangan cuman di Baitul Arqam kita belajar mengaji, tapi perlu ada kelanjutan dan Alhamdulillah FKIP programkan BBQ untuk Dosen dan tenaga pendidik. Sebagaimana kita sudah laksanakan mahasiswa sebelum ujian skripsi harus membaca Al qur’an dulu,” tegasnya.

Lanjut Prof.Moon tugas dosen yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat , makanya kita harus rajin turun di masyarakat dan sekolah – sekolah. Mereka merindukan kampus untuk membinanya, contohnya kasus bagaimana cara mengatasi siswa cenderung Nakal, maka dosen- dosen PGSD bisa berbagi metode dengan sekolah dalam mengatasi masalah itu, ” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa, Dekan FKIP Dr. Abd. Hamid Isa, Kepala Pusat AIK Agus Salim Lamusu, M.Pd, Ketua PDNA Atiq Aqiqotul Hasanah, M.A berserta Pengurus, para Dosen dan tenaga pendidik di lingkungan FKIP.

Exit mobile version