PPAD Terima Bantuan Program PKTD Dari DINKES Kabupaten Tegal

PPAD Terima Bantuan Program PKTD Dari DINKES Kabupaten Tegal

BALAPULANG, Suara Muhammadiyah – Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan (PPAD) Kab. Tegal melaksanakan acara “Uji Fungsi Dan Berita Acara Serah Terima Program PKTD” yang dihadiri oleh beberapa elemen, diantaranya; pihak PPAD yang diwakili oleh al-Ustadz Inamullah Fathuri (Mudir PPAD), al-Ustadz Sihabudin (Penanggung Jawab Bantuan), pihak Dinas Kesehatan Kab. Tegal yaitu Bpk. Moh. Farhamul Atfal, SKM, Ibu. Isna Fitriana Yunita, SKM, dan Ibu. R. Dwi Hani Pujiasih, SKM, kemudian dari pihak Puskesmas Kalibakung mereka adalah Ibu. drg. Susi Arisanti (Ka. Puskesmas), Siti Hidayatul Majidah, Amd. KL, dan Shofi Amalia Amd. KL, serta dihadiri oleh beberapa santri putra dan putri dari PPAD. Agenda penting ini dilaksanakan di kantor utama PPAD yang dipandu langsung oleh Ustadz Sihab sebagai MC dan moderator (15/12).

Tujuan acara ini dilaksanakan adalah untuk uji fungsi serta serah terima bantuan sekaligus peresmian bangunan fisik yang sudah direnovasi, yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kab. Tegal dengan pengawasan Ka. Puskesmas Kalibakung.

Dalam sambutan Mudir, Ustadz. Inamullah menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah PPAD berkomitmen dalam menjaga pola hidup sehat dan bersih untuk dalam rangka menjaga kesehatan bersama, Islam sangat konsen untuk mengajarkan manusia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Imbuhnya, target PPAD dalam vaksinasi Covid-19 sudah 80% untuk semua guru, santri sampai karyawan dan akan terus dimaksimalkan hingga 100%.

Sambutan selanjutnya dari Ka. Puskesmas Kalibakung Ibu Susi, beliau menyampaikan bahwa PPAD adalah salah satu prioritas Kami dalam pengajuan bantuan-bantuan di bidang kesehatan. Kemudian Bu Susi juga menyampaikan harapannya, bantuan ini semoga dapat meningkatkan kesehatan seluruh warga PPAD. Dan di akhir, beliau menyampaikan “Alhamdulillah dengan adanya kerjasama ini menambah keharmonisan antara PPAD dan Puskesmas Kalibakung”, ungkap Bu Susi.

Tak ketinggalan, pesan dari Dinas Kesehatan yang disampaikan oleh Ibu Hani. Dalam pesannya beliau menyampaikan bahwa sebuah kesyukuran, Alhamdulillah program ini sudah selesai “Padat Karya Tunai Desa” (PKTD), yang pada kali ini berupa renovasi bangunan fisik “Dapur Santri”, tempat cuci piring, kamar mandi dan beberapa penunjang sanitasi untuk cuci tangan di sudut-sudut pondok. Harapan, dengan adanya fasilitas kebersihan ini dapat meningkatkan kebersihan serta dapat merawat fasilitas yang ada.

Setelah acara dalam kantor, kemudian dilanjutkan dengan acara peresmian bangungan yang sudah direnovasi “Dapur Santri” dengan potong pita. Disaksikan oleh Mudir PPAD, Asatidz, beberapa santri, Wakil Dinas Kesehatan dan Ka. Puskesmas Kalibakung.

Dengan adanya bantuan ini, PPAD semakin bertambah komitmen dalam melestarikan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS) serta menjunjung tinggi kebersihan di semua lini, terutama dalam kebersihan dapur dan sanitasi. Lebih dalam lagi, dalam ajaran Islam Thaharah (kebersihan) adalah salah satu kunci menuju keselamatan dunia dan akhirat. (Alvin Qodri Lazuardy)

Exit mobile version