Pentingnya Konselor Sebaya dalam Mewujudkan PIK-R

Sebaya

Pentingnya Konselor Sebaya dalam Mewujudkan PIK-R

BANTUL, Suara Muhammadiyah Melalui PKM Hibah RisetMu yang dilaksanakan oleh Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fikes Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) telah melakukan Pelantikan Pengurus Pengurus Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R) Di SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul Yogyakarta, Selasa (21/12/2021) lalu.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Dr. Ismarwati, S.KM., S.ST., MPH mengatakan bahwa Kegiatan pengabdian ini adalah Pembentukan Konselor Sebaya Dalam Upaya Mewujudkan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R) Di SMP Muhammadiyah Banguntapan, di mana sebelumnya telah diberikan pelatihan kepada siswa tentang materi kesehatan reproduksi remaja dan praktik konseling.

Wakil Dekan 1 FIKES Unisa Yogyakarta ini juga berharap agar para pengurus  bisa memberikan motivasi yang positif, dengan materi yang sudah didapatkan tidak hanya menambah pengetahuan tetapi juga memberikan manfaat bagi teman-teman sebayanya.

“Siswa-siswi yang menjadi pengurus PIK-R mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan PIK-R sehingga mendorong siswa-siswi untuk bisa hidup sehat tidak hanya fisik tetapi juga terkait kesehatan reproduksi. Pemberian nama ‘PIK-Matahari” didasarkan dari simbol sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan dan Muhammadiyah yang harapannya selaku pengurus PIK-R MATAHARI bisa bersinar dan menerangi teman-teman sebayanya”, ujarnya.

Guru Bimbingan Konseling SMP Muhammadiyah Banguntapan Nur Aji Priambodo, S.Pd menyambut baik pelantikan pengurus PIK-R berharap para pengurus menjadi pionir dan contoh bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Bangunantapan.

“Sebagai role model bagi yang lainnya ,karena pengurus mendapatkan ilmu tentang kesehatan reproduksi dan konseling . Selanjutnya PIK-R dapat berkolaborasi dengan Organisasi IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah)”, ungkapnya.

Nur Aji juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan bagi kami para guru maupun siswa semuanya. Pengurus PIK-R akan belajar berorganisasi yang baik, belajar mengelola diri dan orang lain, serta belajar dengan adanya masalah yang dihadapi. PIK-R akan membantu sekolah dan mencukupi kebutuhan sekolah yang saat ini belum terpenuhi.

Hadir pula Duta GenRe DIY yang juga merupakan mahasiswi Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yaitu Nurul Widyastuti. Dalam kesempatan ini, Nurul juga menyampaikan pentingnya konselor sebaya untuk membantu  teman sebaya dalam menyelesaikan permasalahnya. Tugas seorang konselor adalah mengingatkan teman sebayanya.

Exit mobile version