Vaksinasi Anak SD Muhammadiyah Jarakan Diikuti Antusias

Vaksinasi Anak SD Muhammadiyah Jarakan Diikuti Antusias

SD Muhammadiyah Jarakan Sukses Gelar Vaksinasi

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Program vaksinasi anak Kementerian Kesehatan RI  yang menyasar anak usia 6 sampai 11 tahun yang dicanagkan  pada 14 Desember 2021 dengan target 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.  Muhammadiyah yang selama ini sudah mendukung pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia remaja, dewasa hingga lansia kembali menyatakan kesiapannya mendukung program vaksinasi pada anak tersebut.

Sebagaimana disampaikan Agus Samsudin, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah, “Untuk mendukung program vaksinasi itu, Muhammadiyah melalui MCCC siap jadi mitra strategis pemerintah untuk vaksinasi pada anak,  MCCC sampai saat ini sudah melaksanakan vaksinasi di berbagai tempat di Indonesia, mendekati angka 500 ribu orang”.

Sementara itu gaung vaksinasi anak ini juga disambut oleh Amal Usaha Muhammadiyah yang berada di pelosok daerah seperti Kalibawang Kulon Progo. Pelajar SD Muhammadiyah Jarakan Kebonharjo dengan usia 6-11 tahun mengikuti vaksin dosis pertama tanggal 22 Desember 2021.  Pelaksanaan vaksin dilakukan di gedung sekolah  dengan pelaksana petugas vaksinasi dari Puskesmas Samigaluh II yang dihadiri langsung oleh Kepala Puskesmas dr. Tari Astuti bersama bersama lima tenaga kesehatan.

Sejumlah 22   pelajar telah mengikuti vaksinasi dengan capaian 96 %. Vaksin diikuti pelajar dari kelas 1-6 dengan usia dengan didampingi wali murid dan dengan syarat membawa kartu KK dan KIS selama proses vaksinasi.

Sambil menunggu dan menghilangkan rasa takut, dr. Tari melakukan skrining sambal bertanya ke anak dari menu sarapan sampai cita-cita. “Alhamdulillah mereka sarapan dengan sayuran. Kalau cita-cita ada yang ingin jadi youtuber, pembuat kapal terbang, polwan, desainer, pelukis dan lainnya. Semoga semua bisa tercapai,” ungkapnya.

Kapolsek Samigaluh, Danramil Samigaluh, dan Babinsa Kebonharjo turut mendampingi pelaksanaan kegiatan. Mereka memberikan support dan uang saku kepada pelajar sasaran vaksinasi.

Sementara  Tatik Purwantari Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Jarakan  menyampaikan terima kasih kepada Kapolsek, Danramil, Babinsa, Puskesmas  Samigaluh, serta seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan vaksin di sekolah.

Pihak sekolah memberikan doorprice berupa 10 (sepuluh) paket sayuran ke anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan dari dokter, bidan, perawat, kapolsek, danramil, maupun guru. Selain mensukseskan vaksin dosis pertama, pihak sekolah turut mengkampanyekan germas “makbyur” (makan buah dan sayur).

Exit mobile version