Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UM Purworejo Lestarikan Kearifal Lokal

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UM Purworejo Lestarikan Kearifal Lokal

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo kembali menunjukan komitmennya untuk tetap melestasikan kearifal lokal. Iringan musik angklung bergema di auditorium Kasman Singodimejo Universitas Muhammadiyah Purworejo pada tanggal 28 Desember 2021.

Wujud kegiatan tersebut adalah dengan kolaborasi dengan pemain musik angklung dengan kegiatan perkulihan. Pemain musik angklung yang digandeng adalah pemain musik angklung  jalanan. Musik angklung dijadikan iringan musik  tembang dolanan.

Kegiatan tersebut terintegrasi dalam mata kuliah tembang II yang diampu oleh Rochimansyah, M.Pd. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam seni tembang. Kegiatan berjalan sangat menyenangkan dan menunjukan kolaborasi yang apik.

Mahasiswa sangat antusias adanya kegiatan yang memberikan warna yang menarik. Rochimansyah sebebagai dosen pengampu mata kuliah menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung setelah ada diskusi dengan mahasiswa menyaring apa yang diinginkan mahasiswa serta mengacu pada capaian dalam pembelajaran

Akhirnya timbul ide karena melibatkan musik angklung dalam mata kuliah. Selain itu beliau menyampaikan pentingkan kepedulian prodi PBSJ sebagai penyelenggara pendidikan terhadap lingkungan dengan memberikan perhatian lebih terhadap kearifal lokal salah satunya adalah musik angklung. (Rochimansyah)

Exit mobile version