GoWisMu Menjelajah Sisi Lain Ibu Kota Muhammadiyah

GoWisMu Menjelajah Sisi Lain Ibu Kota Muhammadiyah

GoWisMu
Menjelajah Sisi Lain Ibu Kota Muhammadiyah
GoWisMu (Gowes Wisata Muhammadiyah)
Menjelajah sisi lain wisata Yogyakarta dengan Moda Sepeda
GoWisMu adalah sebuah acara rutin bulanan di hari Sabtu Pekan Pertama dan pada kali ini giliran ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan merupakan buah kerjasama apik LSBO dan LPCR PDM Kota Yogyakarta dalam hal ini dipandegani oleh Arif Hidayat (Ketua LSBO) dan Agni Sutanto (ketua LPCR).
Acara acara gowes ini digelar pada Sabtu 1 Januari 2022 dengan Start PDM Yogyakarta Jl.Sultan Agung 14 Yogyakarta dilanjutkan menuju Kotabaru sambil mengulik sejarahnya kemudian menuju ke Jembatan Sardjito, Masjid An Nur Pakuningratan Jetis dan Finish do Masjid Taqwa Suronatan yang dilanjutkan dengan sarapan bersama.
Acara yang dikemas dalam suasana santai menyehatkan dan juga menambah khasanah pengetahuan dengan mengenal sejarah umum sampai sejarah Muhammadiyah dan diikuti 150 orang para pegowes terbagi dalam 3 kloter yang merupakan warga Muhammadiyah Kota Yogyakarta dari unsur Cabang dan Ranting bahkan dari luar kota Jogja pun tertarik untuk mengikuti. Selain itu gowes juga merupakan sarana olahraga yang menggembirakan serta dapat meningkatkan imunitas tubuh dan berdampak baik pada kesehatan tentu saja dilakukan dengan senantiasa mematuhi protokol kesehatan.
Hal yang paling spesifik pada gowes ini adanya edukasi tentang heritage, sejarah, toponim bahkan sampai mitos yang ada di masyarakat sehingga kegiatan ini sangat menarik dan seringkali pegowes merasa baru tahu padahal sudah sering dilewati atau malah justru berada di dekat tempat tinggalnya.
Acara ini dikemas dan menjadi ajang silaturahmi dengan masyarakat, guna saling membangun kedekatan dan silaturahim antar sesama warga Muhammadiyah Kota Yogyakarta dari unsur pimpinan ke angota persyarikatan dengan merasakan berbagai sensasi cerita menelusuri jejak sejarah dipresenrasikan di tiap pit Stop sembari berselfie ria. Kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk pembuatan paket paket Wisata bersepeda khususnya wisata Muhammadiyah, umumnya paket wisata kota Yogyakarta dan ternyata setelah ditelusuri ternyata mengandung storytelling dikemas apik oleh LSBO PDM sebagai pembuat cerita dan kekuatan inilah yang mampu mendongkrak Kepariwisataan di Kota Yogyakarta sebagai pengalaman baru dengan menjelajah sisi lain wisata Yogyakarta dengan moda transportasi sepeda.
Pada kali ini kebetulan berbarengan dengan libur tahun baru yaitu pada Hari Sabtu, 1 Januari 2022 dengan titik kumpul kantor PDM Kota Yogyakarta di jalan Sultan Agung 14 dan Finish Masjid Takwa SuronatanSuronatan sekaligus pemberian kenang kenangan oleh Ketua PDM Kota Yogyakarta drs. H. Akhid Widi Rahmanto kepada sesepuh di PCM Ngampilan ibu Himatus Sujaah, yang merupakan ketua PDA Kota Yogyakarta. “ Kegiatan ini harapannya bisamenjadi teladan kepada kader- kader berikutnya untuk tetap istiqomah dalam mensyiarkan Islam melalui kegiatan kegiatan di Muhammadiyah” tandas Akhid.
Dalam kegiatannya Gowismu ini dikelola dengan profesional antara lain dengan menempatkan Road Captain yaitu bertugas memimpin rombongan secara keseluruhan selama Gowess dari pergi sampai pulang, baik rombongan disatukan atau dibagi menjadi beberapa group.
Dipilih dari salah satu peserta yang dapat mengambil keputusan dengan baik dan bijaksana serta anggota yang paling mahir berkendara dan mengerti tata tertib bersepeda dan etika lalu lintas.
Sweeper atau Tail Gunner, mengamankan barisan terhadap potensi gangguan terhadap rombongan yang datang secara external dari belakang, juga bertugas merapihkan barisan secara internal.
Blocker yang bertgas memastikan tidak ada anggota Gowees yang tertinggal seta bertugas mengamankan arah perjalanan terhadap potensi gangguan terhadap rombongan yang datang secara external di depan rombongan.
Tecnical Officer adalah petugas teknik / mekanik yang diperbantukan kepada rombongan untuk mengatasi gangguan mekanis selama perjalanan serta P3K .
Peserta rombonganpun harus senantiasa berada di dalam barisan bertanggung jawab atas keselamatannya masing-masing, diharuskan untuk bersepeda secara aman dan kesemuanya dijalankan untuk keselamatan peserta

Exit mobile version