Percepatan Vaksinasi MCCC Kalibawang

Vaksinasi

Percepatan Vaksinasi MCCC Kalibawang

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalibawang kembali melaksanakan percepatan vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo. Percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh MCCC Kalibawang ini merupakan respon daripada Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dimana MCCC Kalibawang dipanggil untuk menjadi pihak ketigadalam program vaksin anak usia 6-11 tahun.

Vaksinasi anak ini merupakan sasaran baru yang sebelumnya MCCC Kalibawang juga telah melakukan percepatan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum ataupun lansia, dan disabilitas. Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan sejak awal bulan Desember telah mengeluarkan kebijakan bahwasannya vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah dapat dilakukan dengan pemberian vaksin jenis sinovac.

Dengan demikian Dinas Kesehatan Provinsi D.I. Yogyakarta dan Dinas Kesehatan Kabupaten Se- D.I. Yogyakarta merespon cepat, terkhusus di Kabupaten Kulon Progo. Diawali sejak tanggal 18 Desember 2021, pencanangan vaksinasi dilakukan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dan disaksikan oleh Bupati Kulon Progo di Sekolah Dasar Negeri 4 Percobaan Wates.

Sejak itulah MCCC Kalibawang memulai giat percepatan vaksinasinya di Kabupaten Kulon Progo, yang dilanjutkan secara serentak di setiap Kapanewon di Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 20 Desember 2021 sampai 31 Desember 2021. Diawali di Kapanewon Kalibawang MCCC melakukan vaksinasinya di SD Muhammadiyah Bendo dan MI Ma’arif Klangon dengan peserta yaitu siswa SD/MI dan TK yang berdekatan dengan sentra vaksinasi anak tersebut.

Dalam melaksanakan program ini, MCCC Kalibawang sebelumnya melakukan koordinasi terhadap Puskesmas yang akan menjadi sasaran lokasi atau sentra vaksinasi anak diantaranya Puskesmas Kalibawang, Samigaluh 1, Nanggulan, dan Temon 1.

Selain itu juga menggandeng RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan dengan mengerahkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator, juga MDMC Kulon Progo sebagai pendukung selama kegiatan percepatan vaksinasi anak dilakukan.

“Ini semuanya juga tentu bantuan dari orang tua dalam memberikan dukungan kepada puta putrinya untuk dapat mengikuti vaksinasi, harapan kami dariadanya vaksinasi anak ini nantinya dapat 100% selesai diakhir bulan ini” ujar Sutedjo – Bupati Kulon Progo saat pencanangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SD Percobaan 4 Wates.

Dilanjutkan oleh juru bicara covid-19 Kab. Kulon Progo yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo bahwa total sasaran 378.177 anak yang berusia 6-11 tahun dijadwalkan diselesaikan dua minggu kedepan. H”arapannya di akhir tahun 2021 sudah selesai vaksinasi anak ini,” ujar Baning Rahayujati.

Dengan kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini MCCC Kalibawang sampai tanggal 31 Desember telah berhasil memberikan vaksin sebanyak 893 anak di berbagai sekolah di 4 wilayah kerja Puskesmas, Kalibawang, Samigaluh 1, Nanggulan, dan Temon 1.

“Harapan kami di MCCC Kalibawang dengan adanya vaksinasi anak ini, semoga segera terbentuk herd imunity pada tubuh anak dengan demikian kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dengan system daring sekarang dapat dilakukan dengan tatap muka dengan tetap mematuhi protocol kesehatan salah satunya memakai masker dan mencuci tangan, sebagai kunci dari suksesnya vaksinasi” ujar Restu Handika Widyanto – Koodinator Lapangan MCCC Kalibawang.

Exit mobile version