PGSD UM Purworejo Lakukan Hibah Media Pembelajaran ke Belasan Sekolah

UM Purworejo

PGSD UM Purworejo Lakukan Hibah Media Pembelajaran ke Belasan Sekolah

Minggu yang lalu, antara tanggal 4 sampai 7 Januari Prodi PGSD melalui para mahasiswanya melakukan hibah media pembelajaran karya dari Mahasiswa semester 1,3 dan 7. Jumlah total yang dihibahkan adalah 44 media pembelajaran berupa poster, alat peraga dan kerajinan daur ulang.

Hibah yang dilakukan ini meliputi poster sistem pada tubuh manusia dari semester 1 pada mata kuliah Konsep Dasar Biologi, Alat Peraga Berbasis Bahan Bekas dan Kearifan Lokal dari semester 3 pada mata kuliah Media Pembelajaran IPA dan Produk Kerajinan dari hasil daur ulang limbah sampah dari semester 7 pada mata kuliah Pendidikan Lingkungan.

Nur Ngazizah selaku pengampu mata kuliah menyampaikan tujuan dilakukannya hibah ini adalah sebagai wujud Catur Darma Perguruan tinggi Muhammadiyah yang ke tiga, yaitu pengabdian masyarakat. Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa diharapkan bermanfaat dalam membantu pembelajaran di sekolah dasar.

Lokasi hibah diantaranya SD dan MI Muhammadiyah se kabupaten Purworejo, SD Negeri 3 Baledono, SD Negeri Kepatihan, SD Negeri Bayan, SD Negeri Brenggong, SD Negeri Sindurjan, SD Negeri 1 Baledono dan lain lain.
Kegiatan hibah ini tentunya diawali dengan analisis kebutuhan dan kurikulum yang ada di Sekolah Dasar, sehingga diharapkan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan materinya.

Kepala Sekolah Dasar penerima hibah memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, diantaranya seperti disampaikan oleh Ibu Muna Mulyati ,SAg selaku Kepala SD Muhammadiyah Purworejo. “Sangat bermanfaat bagi kami untuk alat peraga penunjang pembelajaran dan sangat baik untuk mahasiswa dalam memberikan ruang dan kesempatan anak- mahasiswa untuk berkreasi,kolaborasi, dan bersinergi menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga amal usaha di sekitar universitas Muhammadiyah Purworejo,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Eko Nurohmad selaku Kepala SD KUB Muhammadiyah Purworejo dan juga Widi Hastomo, SE selaku kepala SD Muhammadiyah Kemiri. “Terus kembangkan kreativitas dan bersinergi dengan sekolah untuk menentukan tema alat peraganya sehingga kebermanfaatannya lebih maksimal”.

Sedangkan Ibu Katrimah, SPd Kepala SD Negeri Kepatihan menyampaikan kami mengucapkan terimakasih sekali, dengan adanya hibah media pembelajaran karya mahasiswa PGSD UMP, media tersebut sangat bermanfaat bagi bapak ibu guru guna menunjang KBM.

Kami berpesan,teruslah berkreatif menciptakan media pembelajaran untuk meningkatkan Kegiatan belajar mengajar pada siswa. Media tidak harus membeli,tapi bisa membuat sendiri.

Rintis Rizkia Pangestika, M.Pd selaku Ketua Prodi PGSD UM Purworejo sangat mendukung kegiatan ini, sebagai bukti kinerja kerjasama antara Prodi PGSD dengan Sekolah Dasar yang ada di Purworejo. Ke depan diharapkan agenda ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga PGSD UM Purworejo selalu menghasilkan karya yang inovatif dan kreatif.

Mari gembirakan pendidikan Indonesia menuju generasi Indonesia cerdas lahir batin dan mencerahkan semesta

Nur Ngazizah, S.Si.M.Pd, Dosen PGSD UM Purworejo

Exit mobile version