UMGO untuk Semua, Apa pun Suku, Ras dan Agama Bisa kuliah 

UMGO

UMGO untuk Semua, Apa pun Suku, Ras dan Agama Bisa kuliah

Yudisium Sarjana program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) dilaksanakan di Gedung Indoor David Bobihoe Akib ( 10/1/2022).

Penampilan Paiya Hungolopoli atau seni berbalas pantun menjadi hiburan pertanda dimulainya acara yang banyak mengandung pesan – pesan tentang pentingnya pendidikan di hadapan seluruh pimpinan, tamu undangan, orang tua dan 49 peserta Yudisium Sarjana.

Ketua BPH Drs. H. Yusnan J. Ekie, M. Pd sebagai pembawa tausiah kependidikan dalam ulasannya menyampaikan sebagai calon guru yang akan bertugas di tengah – tengah masyarakat, mari kita pahami Surah Ali Imran ayat 18, Allah menyuruh kita menjadi orang berilmu dan menegakkan keadilan, orang yang berilmu bersama dengan malaikat, dan ilmu yang paling tinggi yaitu Lailahaillallah,” tegasnya.

Yusnan J. Ekie melanjutkan penjelasannya, Allah memberi petunjuk dan hidayah kepada manusia lewat ilmu bukan dengan harta, karena kalau kita berharta seperti Qarun tapi tidak berilmu maka banyak yang iri dan akhirnya juga binasa, ini diceritakan Q.S Al Qasas ayat 80.

Pesan saya kepada yang sudah sarjana, jaga iman dan tetaplah beramal shaleh dimanapun anda berada, jangan sekali- sekali tinggalkan sholat, jagalah sholat kalian,” tutupnya.

Dekan FKIP Dr. Abd. Hamid Isa, M. Pd dalam sambutannya menyampaikan penyeleggaraan dan manajemen Catur Dharma Perguruan Tinggi, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan AIK berjalan baik di FKIP,” tegasnya.

Abd. Hamid Isa melanjutkan penjelasannya Kolaborasi dan kerjasama FKIP dengan PTN/ PTM melalui MOA dengan UNG, IAIN Manado, UM.Surakarta, Unismuh Makassar, Bulukumba dan Bone termasuk prodi IKOR dengan PTN / PTM yang memiliki jurusan Ilmu Olahraga Se Indonesia.

Pembinaan BBQ dan Kajian keislaman untuk dosen dan tenaga kependidikan sebagai tindak lanjut Baitul Arqam serta penguatan organisasi HMJ, termasuk memfasilitasi pembinaan kewirausahaan mahasiswa lewat lapak sanggar ceria di Food Court untuk semester V, ini semua untuk mengasah softskill mahasiswa.

Prestasi yang perlu kita banggakan adalah alumni angkatan 1 PGSD lulus CPNS/ P3K sejumlah 17 orang tersebar se Provinsi Gorontalo. Semoga juga tahun ini dalam akreditasi PGSD bisa Baik sekali dan berharap unggul,” tutupnya.

Ade Ira Malinda Tumu sebagai mahasiswa yang memberikan pesan dan kesan dalam acara yudisium menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tua,” papa mama, atas dorongan, doa yang tidak pernah menyerah demi mewujudkan mimpi kami, terima kasih juga kepada dosen atas bimbingan dan ilmunya, banyak cerita, kenangan yang berkesan dengan penuh keakraban selama kuliah di UMGO, sambil berurai air mata dan diikuti seluruh peserta yudisium dan membuat suasana Gedung jadi hening .

Rektor UMGO Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong dalam sambutannya menyampaikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah termasuk UMGO merupakan kampus yang terbuka terhadap seluruh ras, suku dan agama, buktinya yudisium Fikes kemarin, ada agama Kristen Prostestan dari Papua, sekarang Yudisium FKIP ada yang beragama kristen dari Sulawesi Tengah, artinya kuliah di UMGO seluruh agama bisa, cinta NKRI dan Pancasila sudah diamalkan,” tegasnya.

Prof. Kadim melanjutkan kuliah itu menambah pengetahuan, memperkuat Sotfskill, memperbaiki Akhlak dan mendapatkan Ijazah, maka hari ini kalian resmi mendapat gelar sarjana dan terhormat disisi manusia dengan gelar sarjana pendidikan. Tapi apakah Derajat anda terangkat disisi Allah, belum tentu. Syarat terangkat derajatnya harus Iman dan ilmu, iman juga harus dengan Taqwa.

Perjuangan kalian mendapatkan sarjana tidak terasa tapi cukup terasa, jika dihitung dari biaya kuliah, dan Alhamdulillah kalian sudah lewati itu. Menjadi sarjana tidak mutlak orang kaya, orang miskin dan tinggal di Desa pun bisa menjadi sarjana asal ada kesungguhan maka Allah akan mudahkan. Siapun anak Bangsa bisa kuliah di UMGO.

Proses hari ini baru awal untuk memulai dan membuktikan dan mendapatkan pengakuan di tengah – tengah masyarakat. Dan menjadi Tahline Kuliah di UMGO Imannya kuat, Ilmunya tinggi, Akhlaknya baik dan Softskillnya Hebat, inilah ciri Alumni UMGO.

Insha Allah Tahun ini pintu utama kampus akan pindah di jalan utama, karena Gedung lantai 5 akan kita bangun, semoga tahun ajaran baru sudah bisa dipakai minimal lantai 1,” tutupnya.

Hadir dalam acara PWM Gorontalo, PDM Kab. Gorontalo, Rektor dan Wakil Rektor 2 dan 3, Ketua BPH dan jajarannya, Dinas pendidikan Bonebolango dan Kab.Gorontalo, Para dekan, Kepala lembaga, Biro dan UPT, para dosen di lingkungan FKIP, Orang tua dan 49 Peserta yudisium.

Exit mobile version