Masuk Semester Genap, Tahfid SMP Mutu Babat Aktif Kembali

Tahfid

Masuk Semester Genap, Tahfid SMP Mutu Babat Aktif Kembali

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Pembelajaran semester genap mulai berjalan normal. Membawa semangat baru bagi para pendidik dan pelajar SMP Muhammadiyah 1 Babat (SMP Muhammadiyah 1 Babat). Kegiatan tahfid SMP Mutu Babat mulai aktif kembali, Senin (10/1/2022)

Kepala SMP Mutu Babat Sholihah SPd mengatakan pada awal dimulainya kegiatan pembelajaran betapa senangnya melihat raut wajah anak – anak yang berseri-seri. Bertemu kembali dengan teman-temannya setelah libur semester ganjil.

Lanjutnya, pagi itu mereka memasuki gerbang sekolah dengan gembira. Bergandengan tangan dengan temannya yang baru datang. Terdengar senda gurau mereka dan tawa kecil melepas kerinduannya. Dengan langkah pasti mereka menapakkan kaki kecilnya menelusuri ruang – ruang kelas.

Pukul 07.00 WIB bunyi bel tanda masuk terdengar, mereka berjalan dengan pasti memuju masjid At Taqwa untuk melaksanakan sholat dhuha. Dilanjut membaca juz Amma dipandu oleh salah satu teman yang hari itu mendapat jadwal.

Sholihah menjelaskan, kelas tahfid dimulai hari Senin, Rabu dan Kamis. Kelas tahfid adalah kelas khusus bagi anak-anak yang masuk seleksi. Siswa yang berada di kelas tahfid terdiri dari siswa kls 7, kelas 8 dan kelas 9 yang sudah mengikuti tes oleh pembina Al Ismuba SMP Mutu Babat.

“Selain kelas tahfid ada juga program unggulan SMP Mutu Babat yang sudah berlangsung selama 2 tahun berjalan adalah asrama tahfid khusus untuk putri,” ungkap ketua PR Aisyiyah Trepan ini

Yang membedakan kelas tahfid dan asrama tahfid putri. Menurut Sholihah adalah pada tambahan waktu pembelajaran. Bagi siswa putri yang masuk dalam asrama mereka mendapat tambahan waktu untuk hafalan pada malam hari setelah sholat maghrib.

Sholihah menjelaskan, selain hafalan Al quran para santri wati mendapatkan tambahan materi kajian Islami yang mendatangkan para pemateri dari luar setiap Ahad pagi. Materi ketrampilan keputrian dan ketangkasan memanah juga diberikan.

“Semoga semua yang didapatkan bisa menjadi bekal bagi siswa SMP Mutu Babat untuk meneruskan cita citanya ke jenjang lebih tinggi,” pungkas anggota MPK PCM Babat ini

Menurut ustadz Novid para siswi kelas tahfid mendapat bimbingan setiap malam hari kecuali hari Jum’at dan Ahad.

“Setiap hari mereka melakukan setoran hafalan minimal hafalan 5 ayat. Bahkan ada santri yang setiap harinya setor hafalan satu lembar. Mereka melakukannya dengan gembira,” jelasnya

Vivi Amelia Tristiyanti santriwati yang berasal dari Medalem kecamatan Modo mengatakan sangat senang dan enjoi bisa belajar di SMP Mutu Babat.

“Dengan adanya program asrama tahfidnya, saya bisa menambah ilmu agama, ilmu pengetahuan umum dan pembentukan karakter,” ungkap siswi kelas IX ini (Noeroel Faosa/FRS)

Exit mobile version