Launching Penmaru 2022-2023, UMSU Ambil Bagian Mencerdaskan Bangsa

Launching Penmaru 2022-2023, UMSU Ambil Bagian Mencerdaskan Bangsa

Launching Penmaru 2022-2023, UMSU Ambil Bagian Mencerdaskan Bangsa

Medan, Suara Muhammadiyah  – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaunching program Penmaru (penerimaan mahasiswa baru) tahun 2022. Launching dilakukan pejabat terkait pendidikan, mulai dari Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Prof. Drs. Syaifuddin MA Phd, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP, Kacab zdinss Pendidikan, Kepala Sekolah dan perwakilan OSIS dari beberapa sekolah.

Launching Penmaru UMSU berlangsung di auditorium UMSU Jalan Muhtar Basri Medan, Rabu (12/1). Launching Penmaru UMSU ditandai dengan penekanan touchscreen pada layar LED di panggung utama kemudian diikuti dengan pembukaan UMSU inovation and carnival tahun 2022. UMSU Inovation and Carnival ( UIC) yang merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan UMSU. UIC ini melibatkan ratusan siswa dari berbagai sekolah di Sumatera Utara.

Launching Penmaru UMSU juga ditandai dengan menampilkan video profil mahasiswa dan alumni berprestasi di level regional, nasional maupun internasional serta video profil UKM se-UMSU.

Mencerdas Anak Bangsa

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP pada sambutannya mengatakan, UMSU memiliki amanah untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Untuk itu program sinergy antara Pendudikan Tinggi dengan Pendidikan Menengah harus terus ditingkatkan.

Kata Agussani, UMSU terus meningkatkan angka kelulusan SMA/SMK sederejat dapat ditingkatkan.

Rektor UMSU menyebut pihaknya sudah melakukan pembahasan bersama Gubernur Sumut, Kadis Pendidikan dan UMSU dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Utara.

Dihadapan hampir 500 undangan Rektor UMSU menjelaskan evolusi dari pahse awal hingga phase ke 4 ( 1957 – 2023 ) pengembangan UMSU.

Rektor juga menjelaskan akreditasi yang diraih UMSU. Untuk akreditasi mulai dari akreditasi Institusi A, Akreditasi Unggul 2 prodi, Akreditas A 13 prodi, Akreditas B 20 prodi dan Akreditasi C 1 prodi dengan studen body 21 ribu lebih.

Sinergi PT dengan Sekolah

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Prof. Drs. Syaifuddin MA Phd mengatakan, Indonesia sudah saat tidak hanya membangun fisik ( rimba beton) tapi juga membangun pemikiran, kecerdasan anak bangsa. ” Persoalan ini harus menjadi perhatian kita semua,” kata Syaifuddin.

Menyangkut lulusan SMK/SMA di Sumut tahun ini ada 90 ribu dan dari jumlah yang baru bisa ditampung di perguruan tinggi hanya 60 ribu. Sisa, ada 40 ribu lain yang tidak ditampung di PTN/ PTS harus menjadikan pemikiran kita untuk menyelamatkannya..

Kadis Pendidikan Sumut itu menyampaikan apresiasi kepada Rektor UMSU atas kerjasama yang dibangun dan alhamdulillah sudah direalisasikan UMSU dengan cepat, sebut Kadis Pendidikan itu.

Dijelaskan, salah satu masalah yang dihadapi pendidikan di Sumut adalah masih rendahnya kualitas guru. Kondisi ini tentu saja berimbas pada lulusan yang dihasilkan. ” Solusinya adalah meningkatkan kualitss guru di Sumatera Utara,” sebut Syaifuddin.

Disebutkan guru SMK/ SMA sederajat saat ini 80 masih strata S1. Tentu kondisi itu harus ditingkatkan.

Launching Penmaru UMSU tahun akademi 2022-2023 ditandai tampilnya berbagai atraksi UKM Tari dan Seni Budaya yang telah menghasilkan berbagai prestasi internasional. (Syaifulh)

Exit mobile version