Memahami “Mesir” Negeri Kinaanah

Mesir

Foto Dok Ilustrasi

Memahami “Mesir” Negeri Kinaanah

Memahami “Mesir” Negeri Kinaanah: Tempat Menyimpan Dan Menjaga Anak-Anak Panah Islam – Para Ambiyaaullah dan Ulama Ulama Pejuang Islam

Oleh: H.M.Sun’an Miskan,Lc.

‘AMRU IBN ‘ASH R.A.  – ASH SHOHAABY AL JALIL – penakluk Mesir dari cengkeraman Romawy Kresten yang mencekik.saat pemerintahan UMAR R.A berkata : Alhamdulillah saya bisa membuka Mesir negeri “ Kinaanah – كنانة “ ..

Kinaanah artinya tempat dari kulit atau kayu untuk menyimpan anak anak panah (  pembela Islam ).

Disebut demikian karena:

  1. Mesir – مصر satu satunya negari di dunia ini yang disebut di dalam Al Qur’an, bahkan sampai 25 kali meski secara explisit.

Diantaranya Al Quran Surat Yusuf 99 :

فَلَمَّا دَخَلُوْا عَلٰى يُوْسُفَ اٰوٰٓى اِلَيْهِ اَبَوَيْهِ وَقَالَ ادْخُلُوْا مِصْرَ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ اٰمِنِيْنَ ۗ – ٩٩

Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, dia merangkul (dan menyiapkan tempat untuk) kedua orang tuanya seraya berkata, “Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman.”

  1. Rasulullah SAW bersabda : “ Mesir kinaanah itu artinya penduduknya menjadi ikatan ( Rabithah ) dunia Islam sampai Yaumil Qiyaamah “.

Dari Mesir tersebar ulama ke seluruh dunia Islam termasuk ke negeri tempat turunnya wahyu yaitu Makkah dan Madinah.

1084 (seribu delapan puluh empat) tahun yang lalu Universitas Al Azhar berdiri ( 359 H./970 M ) dan menjadi rujukan Universitas Islam di dunia termasuk Universitas Islam Madinah yang baru berdiri 61 tahun yang lalu (1381 H./1961) dan Universitas Islam Indonesia (UII) 77 tahun yang lalu (1945) ,rektor pertamanya Prof. Kahar Muzakkir alumni Fak Darul Ulum Univ Cairo Mesir. Mahasiswa Indonesia asal Kota Gede Yogya yang pertama kali kuliah ke luar negeri Cairo Mesir.

  1. Al Kinaanah berarti juga tempat simpanan air. Itulah sebabnya disana ada Sungai Nil yang legendaris, diapit 2 laut yaitu laut tengah dan laut merah, berbagai danau ada disana.Negeri kaya gandum tempat incaran kerajaan Romawi Kresten. Negeri tertua di dunia. Sudah dikenal sejarah secara tertulis sejak 7.000 SM (tujuh ribu tahun sebelum Masehi ) atau 9.000 (sembilan ribu) tahun yang lalu. Indonesia baru dikenal sejarah 900 (sembilan ratus) tahun yang lalu. Mesir juga ikenal dengan ummul al Bilad. Ambiyaaullah hidup disana sejak Ibrahim AS Abul Ambiyaa, Yusuf AS menteri Keuangan dan logistik Mesir , Musa AS yang melawan ayah angkatnya Fir’aun Ramses ke 9 yang mengaku jadi Tuhan dan Ismail yang lahir di Kan’an bagian dari Sinai Mesir.
  2. Ke negeri Mesir yang penting inilah Rasulullah SAW berdakwah lewat surat untuk mengajak masuk Islam.Surat beliau ditujukan pertama kali ke Raja Mukaukis – Mesir. Surat dibalas dengan penuh sopan dan penghormatan. Ia mengucapkan selamat atas diutusnya Muhammmad sebagai Rasulullah. Ia juga mengirim hadiah berupa putri jelita Mesir yaitu Maria Al Qibtiyah dan kemudian dipersunting oleh Nabi SAW sebagai istri . Ia melahirkan putra laki – laki satu satunya putra Nabi SAW yaitu Ibrahim. Taqdir menetapkan Ibrahim bin Muhammad SAW tidak berumur panjang.

Berbalik an bertolak belakang dengan surat beliau yang ditujukan kepada Raja Persia ( Iran ) justru dirobek-robek.

  1. Berdasar berita kenabian… Nubuwwah .. maka Mesir akan memeluk islam, Beliau berpesan : “ Kepada siapa saja nanti yang dapat membuka Mesir untuk Islam, maka perlakukan penduduknya dengan baik. Jalin silaturrahimmu karena Ibunda Nabi Ismail AS atau nenek kita yaiyu Siti Hajar itu dari sana dan istri saya Maria Al Qibtiyah juga dari sana.
  2. Taqdir menetapkan bahwa yang berhasil membuka Mesir untuk Islam ialah sahabat ‘AMRU IBN ‘ASH R.A. – dari cengkeraman Romawy Kresten yang mencekik.saat pemerintahan UMAR R.A .’Amru Ibn ‘Ash RA berkata : Alhamdulillah saya bisa membuka Mesir negeri “ Kinaanah – كنانة “ ..

Tempat menyimpan dan menjaga anak-anak panah Islam yaitu Ambiyaaullah dan tempat sejarah ummat manusia yang paling tua. Kemajuannya ditandai dengan piramida-piramidanya.

  1. Itulah sebabnya Pemerintahan Saudi sekarang, saat penghasilan utamanya merosot , yaitu minyak karena tidak ada harganya, lalu menggariskan program pembangunan 30 tahun kedepan dengan menggalakkan sektor pariwisata, sebagaimana program utama negara – negara di dunia sekarang. Juga untuk memacu ketertinggalannya baik bidang moral,pemikiran, politik, ekonomi dan kebudayaan.

Maka Da’i –Da”i yang berpaham sempit yang menentang program tersebut tidak diberi ruang dan tempat, baik yang ada di Universitas Islam Madinah dan Universitas lainnya di Saudi Arabia. Kebijakan ini tidak ada kaitannya dengan tekanan negara super power baik Barat maupun Timur, tetapi kebijakan itu sudah diletakkan negrawan Saudi Arabia dan negarawan dunia yaitu Raja Faishal Ibn Sa’ud.

Semboyan negara Mesir ialah ” Daulatul ‘Ilmu Wal Iimaan “.

Mengapa ilmu didahulukan karena iman itu kokoh kuat bermanfaat kalau dilandasi ilmu.

Dr.Thoha Husein yang buta sejak umur 6 thn dpt 2 gelar doktor di univ Fuad Mesir dan Sorbone Perancis, pasca Revolusi Mesir 1952 jadi menteri pendidikan Mesir.Kebijakannya yang sepektakuler sampai hari ini ialah pendidikan diseluruh Mesir dalam segala jenjang dari TK sd PT wajib digratiskan.

Alasannya sabda Nabi SAW : Menuntut ilmu itu wajib bagi kaum laki dan perempuan.

Artinya pendidikan adalah hak asasi manusia, seperti udara yang bisa dihirup oleh semua orang Mesir.

Lahir DR.Omar Abdurrahman yang buta yang sangat di takuti Amerika Serikat

Mesir menyumbang DR.Faruq Baz  yang turut mengorbitkan pesawat Chalengger dan Dr Ahmad Zuwel ahli laser Amerika Serikat juga dari Mesir.

Di saat ujian nasional diadakan di Mesir, maka di malam hari tidak boleh ada yang berisik. Jangankan arak arakan pawai kemenangan kesebelasan sepak bola AHLI  kebanggaan mereka.Klakson mobil saja tidak boleh dibunyikan.

Semoga negeriku, khususnya Suroboyo wa bil khusus Muhammadiyanya bisa mencontoh Mesir.

Anak pedagang koran di depan asrama Al Azhar Al Abbasiyah Cairo menyandang gelar dokter medis.

Wallahu ‘alam

Exit mobile version