Pemuda Muhammadiyah Lamongan Adakan Diklatsar KOKAM

Diklatsar

Pemuda Muhammadiyah Lamongan Adakan Diklatsar KOKAM

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Lamongan selenggarakan Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) angkatan keempat bertempat di lapangan Mencorek Brondong, Sabtu (15/1/2022).

Diklatsar KOKAM dengan tema membangun militansi anggota demi terwujudnya KOKAM Pemuda Muhammadiyah yang mandiri, tanggap dan peduli ini dibuka oleh KH Kasuwi Thorif Wakil Ketua PDM Lamongan. Kegiatan ini diikuti sejumlah 60 kader KOKAM Se Lamongan dan dilaksanakan selama 4 hari.

Dalam sambutannya Kasuwi Thorif menyampaikan pesan agar para KOKAM Pemuda Muhammadiyah Lamongan selalu menegakkan kalimah tauhid dan beramar makruf nahi munkar. Sebagai garda terdepan dalam AMM KOKAM tidak boleh ragu dan bimbang dalam berjuang.

Pendekar Tapak Suci ini, memberikan semangat dan dorongan agar KOKAM Lamongan tetap istiqomah dalam berjuang. Apalagi situasi akhir zaman yang kondisinya semakin tidak menentu.

“KOKAM Lamongan harus tetap semangat untuk terus berjuang. Pemuda Muhammadiyah harus terus bergerak,” pungkasnya.

Arian Yusuf Wicaksono Ketua Panitia penyelenggara Diklatsar kegiatan ini dilaksanakan dengan rentang dua waktu dan dibagi dalam dua metode Diklat. Pertama dilaksanakan pada 8-9 Januari 2021 bertempat di SMAM Sedayulawas Brondong berupa Diklat Ruang. Diklat ruang dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi kelas dengan cara ceramah maupun diskusi kasus kepada peserta Diklatsar.

Lanjutnya, Diklatsar tahap kedua yaitu Diklat Lapangan dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi praktek, demonstrasi, dan fisik serta materi lapangan lainnya kepada peserta Diklatsar yang diselenggarakan pada 15-16 Januari 2022 ini.

Adapun materi yang diberikan di Diklat Ruang meliputi Ketauhidan dan Ibadah Praktis, Kemuhammadiyahan, Bela Negara, Kesamaptaan : Taktik dan Teknik Jendral Soedirman, Tupoksi KOKAM : GAM dan Etika Materi Keterampilan, kebencanaan (One Muhammadiyah One Response).

Sedangkan materi di lapangan meliputi Navigasi Darat, Pioneering, PPGD, PBB, Tata Upacara Militer, Bela Diri Praktis, Dinamika Kelompok, dan Lantas.

“Sebagai instruktur Diklatsar ini yaitu Tim Instruktur Markas Wilayah KOKAM Jawa Timur dan Instruktur Markas Besar KOKAM Nasional. Sedangkan pematerinya PDM Lamongan, MDMC Lamongan, DMC RSML, KODIM 0812 Lamongan/ Koramil Jajaran, dan Polres Lamongan/Polsek Jajaran,” jelas Komandan Markas Besar KOKAM Daerah Lamongan ini.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Lamongan M. Anang Nafi’uzzaki menyampaikan Pemuda Muhammadiyah sebagai ormas kepemudaan saat ini, dihadapkan pada tantangan sejarah untuk selalu tampil kedepan menuntun bangsanya keluar dari berbagai problematika.

Jelasnya, perspektif ini sekaligus menyiratkan pengertian bahwa Pemuda sebagai bagian dari pencerah bangsa, perannya tidak sekedar dalam kondisi bertahan Maka sebuah generasi harus secara sadar membangun jalan sejarahnya sendiri, melangkah ke depan, ke hari esok dengan semangat menata jalannya sebuah perubahan.

“Untuk mewujudkan keadaan yang dicitakan tersebut, maka diperlukan adanya program peningkatan dan mengembangkan sumber daya KOKAM yang diselenggarakan secara komprehensif, integral dan konsisten dalam sistem pendidikan KOKAM,” pungkasnya.

Hadir Dalam Pembukaan Diklatsar KOKAM ini Forkopimcam Brondong, Mat Iskan Ketua PCM Brondong, Sudjutna Ketua Lazismu, para pimpinan Ortom Daerah Lamongan, pimpinan Ortom Cabang, PRM dan pimpinan Ortom Mencorek. Hadir juga para senior KOKAM Lamongan lintas periode. (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version