Kembangkan Ekonomi Pondok, SM Resmikan Logmart Zamzam

Logmart Zamzam

Kembangkan Ekonomi Pondok, SM Resmikan Logmart Zamzam

CILONGOK, Suara Muhammadiyah – Selang satu hari peresmian Logmart Al Manar Kulonprogo, Suara Muhammadiyah kembali meresmikan Logmart yang ke-13 di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (18/01). Beralamatkan di Kampus 2, Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Zamzam Cilongok, Logmart resmi dibuka ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, Ibnu Hasan yang didampingi oleh Deni Asyari, Direktur PT Syarikat Cahaya Media/SM beserta dengan jajaran pimpinan logmart pusat, pimpinan pondok Zam Zam, bapak Camat Cilongok dan perangkat desa setempat.

Deni Asy’ari, Direktur utama PT Syarikat Cahaya Media (PT SCM) / Suara Muhammadiyah menyampaikan bahwa Logmart hadir sebagai pilot project pengelolaan ekonomi berbasis jamaah. Karena hampir semua usaha-usaha Muhammadiyah non bisnis, berhasil dibangun atas kekuatan jamaah, namun belum banyak yang tampak dalam gerakan ekonomi. Melalui Logmart, kita ingin wujudkan sebuah percontohan, bahwa ekonomi pun sesungguhnya bisa kita bangun melalui kekuatan jamaah.

Disamping itu, Deni juga menyampaikan, bahwa sudah saatnya lembaga pendidikan, untuk mengelola sumber pendapatan dalam rangka pengembangan lembaga diluar biaya peserta didik. Melainkan melalui usaha-usaha profit dan bisnis yang dapat menunjang pengembangan lembaga.

“Saya sering mencontohkan pengembangan bisnis dibawah lembaga yang berhasil adalah kampus Bilkent University di Turki. Kampus ini memiliki 50 korporat bisnis di bawah lembaga pendidikannya untuk membantu pembiayaan mahasiswa secara gratis dan pengembangan kualitas guru maupun dosen serta pengengan lainnya. Dan saya kira, ini bisa menjadi inspirasi bagi amal usaha Muhammadiyah khususnya dalam bidang pendidikan seperti Ponpes Zam Zam untuk mengembangkan berbagai lini bisnis,” ujarnya.

Sementara itu, Ibnu Hasan, Ketua PDM Banyumas menyambut baik dengan pembukaan Logmart di lingkungan pondok ini. Ibnu berpesan agar Logmart ini bisa terus berkembang. “Semoga Logmart ini ke depan tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan pondok dan santri saja, tetapi juga memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan lebih luas lagi,” tandasnya.

Senada dengan Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cilongok, Casiwan mengatakan apresiasinya pendirian minimarket kembali bisa didirikan di wilayah Cilongok, terutama di bawah naungan Pondok Modern Zamzam ini. Awal mulanya, cabang Muhammadiyah Cilongok memiliki program kerja pendirian minimarket, radio, ponpes, koperasi dan kesehatan. Dengan hadirnya Logmart, tidak hanya menuntaskan program saja, tetapi harapannya ke depan bisa terus berkembang dan bersaing dengan minimarket modern saat ini.

Senada dengan itu, Arif Fauzi, direktur Pondok Pesantren Zamzam berharap bahwa Logmart ini bisa menjadi media pembelajaran bagi santri-santrinya dalam menumbuhkan semangat dan kultur ekonomi. “Pengembangan pondok untuk belajar mengembangkan visi ekonomi yang sesuai dengan visi unggul dan berdaya saing.” imbuhnya. Acara kemudian ditutup dan dilanjutkan dengan pembagian bantuan baznas untuk santri, penyerahan santunan untuk sekolah di lingkup Cilongok dan penandatanganan mou kerjasama. (red)

Exit mobile version