Pesan dan Harapan Pelantikan AMM Depok

Amm Depok

Pesan dan Harapan Pelantikan AMM Depok

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Pelantikan bersama Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Maguwoharjo, Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Condoncatur, Pimpinan Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah Maguwoharjo, Pimpinan Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah Condongcatur, Pimpinan Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah Caturtunggal, dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Depok sukses dilangsungkan bersamaan dengan Pengajian Ahad Pagi Muhammadiyah Depok Sleman, Ahad (23/1).

Acara yang diselenggarakan di Aula SD Muhammadiyah Condongcatur ini dihadiri sekitar 250 jamaah dan simpatisan Muhammadiyah setempat. Selain PCM Depok, PCA Depok, Kepala SD dan SMP Muhammadiyah se-Depok hadir juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah Diyah Puspitarini dan Anggota DPRD Kabupaten Sleman Haji Ardi Sehami. Bertindak sebagai narasumber adalah Prof. Dr. H. M. Noor Rochman Hadjam, S.U. Psikolog yang merupakan Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan Wakil Ketua Mejelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dalam tausyiahnya yang bertemakan peneguhan akhlak warga Muhammadiyah di era disrupsi, Profesor Hadjam berpesan agar jamaah Muhammadiyah selalu memperhatikan akhlak, norma, etika, dan tingkah laku dalam kehidupan keseharian.

Menurutnya, akhlak adalah kualitas pribadi seseorang yang telah melekat pada mental seseorang dan dapat diwujudkan dalam perilaku bermasyarakat. Adapun dalam pembentukan karakter warga Muhammadiyah seyogianya didasarkan pada beberapa hal.

“Kita punya pedoman 12 Langkah Muhammadiyah oleh KH Mas Mansur. Ada lagi Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah yang dicetuskan Ki Bagus,” ujar pakar Psikologi Klinis ini. “Selain itu, ada Kepribadian Muhammadiyah oleh KH Yunus Anis. Terus ada MKCHM, ada lagi PHIWM. Dan sebaigainya itu,” tukasnya.

Ia menyatakan bahwasanya panduan dalam kehidupan di dunia dan setelahnya, Muhammadiyah telah banyak memberikan tuntunan. Terlebih dalam internal organisasi, proses kaderisasi di tubuh persyarikatan modern ini tidak pernah dikesampingkan. “Saya bangga melihat tadi anak-anak saya, bahkan cucu saya dilantik sebagai penerus perjuangan kami ke depan,” ujarnya. “Pesan kami, teruslah aktif dan jangan lupa upgrade kemampuan kalian dalam berorganisasi,” pesannya kepada AMM Depok yang dilantik.

Senada dengan itu, Ketua PCM Depok Sleman, H. M. Jumiran dalam sambutannya juga berpesan dan memberikan nasihat kepada kader Muda Muhammadiyah Depok. “Selamat anak-anakku, Pak Jum bangga kepada kalian semua” ujarnya dihadapan jamaah.

Jumiran berharap keberadaan AMM Depok memiliki peran dalam mewarnai dakwah-dakwah persyarikatan di kalangan anak muda. Ia juga berpesan untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi. “Berorganisasi itu kuncinya sinergi dan kolaborasi. Insya Allah dengan itu, cita-cita kita bersama yang kita harapkan agar mudah terwujud,” ujar Ketua PCM Depok Sleman dua periode itu. (Tim Media PCPM Depok Sleman)

Exit mobile version