Pelatihan Foto Produk Beri Nilai Tambah UMKM

Pengabdian Masyarakat UMY Dampingi Proses pemasaran atau promos

Pelatihan Foto Produk Beri Nilai Tambah UMKM

Pelatihan Foto Produk Beri Nilai Tambah UMKM

Pengabdian Masyarakat UMY Dampingi Proses pemasaran atau promosi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dosen dan  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pendampingan proses pemasaran atau promosi  produk pada mitra Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) yang terletak di Padukuhan Klepu Lor, Sendangmulyo, Minggir, Sleman.

Rita Kusumawati SE., M.Si, dosen prodi Manajemen UMY menyampaikan  bahwa  Pendampingan ini dilakukan untuk  memperluas area pemasaran produk UMKM. Kegiatan yang dilakukan ialah mendampingi pelaku UMKM pada membentuk  konten promosi   berupa foto produk. Selain itu pelaku UMKM pula didampingi dalam penguasaan teknik pemasaran secara daring melalui WhatsApp Business serta promosi melalui media sosial.

Di era pesatnya teknologi waktu ini, pengambilan gambar dengan smartphone untuk foto produk dapat menjadi pilihan yang sederhana bagi UMKM. Selain karena mudah  dijangkau fitur-fitur smartphone juga dapat memaksimalkan foto yang diambil. Lebih lanjut Rita mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa UMY.

Foto produk mempunyai pengaruh besar bagi tingkat penjualan, terutama bagi produk yang dijual secara online. Foto produk yang menarik  akan menimbulkan kesan yang baik dimata calon pembeli, dan bisa menimbulkan minat untuk membeli produk tersebut.  Selain meningkatkan penjualan, foto produk juga memberikan manfaat seperti meningkatkan branding, mudah dipercaya oleh pelanggan, dan  menarik pelanggan baru.

”Pelatihan foto produk ini bertujuan melatih pelaku UMKM supaya mampu mengambil foto produk yang bisa menarik minat beli konsumen. Hal ini dikarenakan foto produk yang estetik adalah salah satu kunci menarik perhatian pembeli serta menaikkan penjualan,” ujar Nurina Permata, anggota TIM KKN UMY 210, Senin (7/2/2022). Kegiatan edukasi digital marketing yang dilakukan oleh Tim KKN UMY 210 kepada mitra UMKM berfokus kepada Feeds Instagram serta WhatsApp Business.

“Saya merasa terbantu menggunakan adanya pembinaan foto produk yang diadakan KKN UMY 210 karena sebelumnya aku  belum terlalu memiliki keahlian dalam foto produk. Sebelumnya saya hanya memfoto seadanya lalu mengungah ke sosial media tanpa memikirkan keindahan suatu foto,” ujar Nur Hidayah, pemilik UMKM Kemplang 4 Saudara.

Exit mobile version