Raihlah Kebahagiaan dengan Ilmu

ilmu

Raihlah Kebahagiaan dengan Ilmu

Oleh: Fathin Hammam

Bertambahnya problematika kehidupan manusia maka harus di imbangi dengan bertambahnya ilmu, sebagaimana ungkapkan ahli bijak yang menyatakan bahwa dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah, dengan agama hidup menjadi terarah.

Maka ada dua hal yang harus selalu di usahakan oleh setiap muslim dalam hidupnya baik lewat usaha atau doa , pertama yaitu harus memiliki semangat untuk selalu menambah ilmu dan yang kedua adalah teruslah berdoa untuk meraih kehidupan yang bahagia dunia dan akherat, sebagaimana doa sapu jagat yang ada dalam. albaqarah ayat 201

Berkaitan dengan mencari ilmu, Allah SWT memberi motivasi, bahwa yang memiliki ilmu akan di angkat derajatnya, sebagaimana firmanNya

يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Surat AlMujadilah ayat 11)

Ilmu juga menjadi jalan untuk meraih kebahagian hidup manusia sebagaimana ungkapan dari Imam Syafii, ( ini bukan hadits Nabi), yaitu

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

“Barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka hendaknya dengan ilmu.” (Manaqib Asy Syafi’i, 2/139)

Dalam berbagai literatur, makna fi dunya hasanah adalah saadah fi dunya artinya kebahagian dunia. Diantara ciri orang yang mendapat kebahagian dunia adalah:

1. Sehat jasmani rohani

Untuk menjadi pribadi sukses dalam lingkup apapun maka sangat ditentukan oleh aspek kesehatan jasmani dan rohaninya, karena itu jangan sampai kita menjadi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Dengan sehat maka hidup akan lebih kuat dan semangat dalam menebar manfaat.

2. Rizki yang lapang

Ciri yang mendapat bahagia dunia adalah memiliki kelapangan rizki sehingga lebih mudah, tenang dan maksimal dalam beribadah. Sehingga kita harus selalu semangat untuk terus berusaha mendapat rizki yang halal berkah melimpah.

3. Memiliki keluarga yang sholeh dan sholehah

Salah satu cara agar kita mendapat pasangan hidup dan anak yang sholeh , hendaknya kita membaca doa yang ada dalam surat alfurqon ayat 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami pasangan hidup kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Orang yang berilmu akan mendapat kebahagian karena hidupnya selalu berorientasi pada masa depan yang hakiki yaitu akherat. Dan orang berilmu akan mengetahui makna dan hakekat kehidupan dunia yang bersifat sesaat dan pendek, dunia dimulai dari kita lahir di akhiri dari kita mati,
I hari dlm hitungan Allah =1000 thn dlm hitungan manusia.

Saat kita meninggal dunia maka hakekatnya roh kita terpisah dari jasad jadi akan ada kelanjutan dari episode kehidupan. Apakah akan berakhir di surga atau neraka.
Karakter dunia yang lain adalah perhiasan sementara (zinatul hayat) artinya tidak ada yang abadi. Maka tugas kita harus selalu beramal dan beribadah kepada Allah sampai akhir hayat.

Berkaitan dengan pandemi covid19, Muhammadiyah berpandangan sebagai ujian. Maka kita harus tetap berusaha menjaga iman, meningkatkan imun dan jangan eman (bakhil).
Tetaplah berdakwah dan berusaha mengambil hikmah dalam setiap peristiwa.

Fastabiqul Khoirot

Rangkuman sambutan PDM & Kuliah Subuh oleh Prof Abdul Mu’ti

Exit mobile version