Innalilahi, Tokoh Muhammadiyah Prof Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Yahya Muhaimin

Innalilahi, Prof Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Inna lillahi wa innaa ilaihi rajiun, Tokoh Muhammadiyah Prof Yahya Muhaimin meninggal dunia pada Rabu 9 Februari 2022 sekitar jam 10:00 wib.

Muhammadiyah turut kehilangan sosok intelektual muslim yang mumpuni dan berintegritas keilmuan tinggi. Prof Yahya Muhaimin merupakan Mendikbud RI 1999-2001.

Tokoh Muhammadiyah kelahiran Bumiayu ini meninggal di usia 79 tahun. Sejak tahun 2019 Prof Yahya Muhaimin sempat dirawat di beberapa rumah sakit.

Kiprah Prof Yahya Muhaimin terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa. Selain menjadi dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM), dirinya merintis dan mengembangkan pendidikan di daerah tempat kelahirannya dan sempat menjadi Rektor Universitas Peradaban di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

Pak Yahya Muhaimin pernah berkiprah di Muhammadiyah dengan berbagai posisi. Diantaranya Ketua Majelis Dikti, Ketua PP Muhammadiyah 2000- 2005, dan Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010.

Semoga Prof Yahya Muhaimin husnul khatimah dan berlimpah maghfirah serta rahmat Allah. Allahumaghfirlahu warhamhu wangafihi wagfunganhu.

Ketua PP Muhammadiyah periode 1998-2005, Ahmad Syafii Maarif mengucapkan belasungkawa atas kepergian salah satu sahabatnya itu. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, sahabat kita semua Prof. A. Yahya Muhamin telah mendahui kita semua. Semoga beliau mendapatkan husnul khatimah di ujung hayatnya, keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan rasa pasrah kepada Maha Pencipta, amin.”

Exit mobile version