LKS SMK Wilker 3, SMK MUTU Gondanglegi Terbaik Bilingual Secretary dan Nursing

SMK MUTU

LKS SMK Wilker 3, SMK MUTU Gondanglegi Terbaik Bilingual Secretary dan Nursing

MALANG, Suara Muhammadiyah – Keunggulan kompetensi pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi Kabupaten Malang kembali ditunjukkan. Di ajang LKS SMK Wilker 3 Jawa Timur 7-9 Februari 2022 lalu, dua pelajar SMK MUTU menjadi yang terbaik dari peserta lain.

Dua prestasi tertinggi LKS SMK Wilker 3 ini adalah juara 1 bidang lomba bilingual secretary dan nursing (keperawatan). Masing-masing diraih Tiyan Ayunimasindah dan Chika Helen Lola Carolina.

Tak hanya meraih hasil skor tertinggi, prestasi yang diraih dua siswi SMK MUTU ini juga sangat membanggakan dan layak diapresiasi. Juara 1 keperawatan merupakan sejarah prestasi baru, sementara juara 1 bilingual secretary merupakan dominasi paling unggul yang mampu ditunjukkan pelajar SMK Muhammadiyah 7.

Peserta bidang lomba keperawatan cukup banyak, diikuti 23 peserta terbaik dari SMK masing-masing. Dan, Chika Helen Carolina akhirnya mampu mengalahkan peserta lain dan meraih Juara 1, dengan nilai akhir 97,6.

“Prestasi juara yang diukir siswi kami merupakan sejarah baru bagi program keahlian Keperawatan SMK MUTU. Tentu saja, itu tidak lepas dari usaha dan doa. Latihan soal dilakukan setiap hari bersama guru produktif,” kata Tya Uswatun, pembimbing lomba Chika Helen.

Prestasi lebih membanggakan didapat dari bidang bilingual secretary. Tiyan Ayunimasindah, siswi kelas XII jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, bahkan mampu mengungguli 31 peserta terbaik lainnya dari SMK Negeri. Tiyan mampu meraih nilai akhir 85 dan menduduki peringkat 1, sementara peringkat 2 sampai 5, kesemuanya ditempati peserta lain dari SMKN.

Kepercayaan diri sangat tinggi ditunjukkan Tiyan sejak hari pertama lomba. Baginya, ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ini merupakan kompetisi yang sangat menantang. Di bidang lomba bilingual secretary ini, semua peserta unjuk kemampuan dalam typing, tata kearsipan, bilingual korespondensi, handling telephon and guest in English, juga English presentation.

”Semua pekerjaan itu harus dilakukan dengan limited time, sehingga harus mempertimbangkan kecepatan dan ketepatan. Tantangan terberat saat sesi presentasi bahasa Inggris,” tutur Tiyan Ayunimasindah.

Di ajang LKS SMK Wilker 3 Jatim ini sendiri diikuti oleh 13 peserta terbaik dari jurusan berbeda di SMK MUTU. Selain menjadi juara 1, juga diraih juara 2 bidang culinary. Sementara, sisanya harus puas menempati peringkat 4. Yakni, bidang lomba Mobile Robotic, Farmacy, Care Giver, Web Technology, Motorcycle, dsn Sistem Jaringan.

“Hasil akhirnya, total 9 siswa yang nantinya melaju ke LKS SMK Jatim yang akan digelar bulan depan. Dengan menempati peringkat juara 1, kami tetap bisa dan siap bersaing dengan SMK lain,” demikian Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondangkegi, Munali MT, Jumat (11/2/2022).

Kompetisi LKS SMK Wilker 3 Jatim ini melombakan 44 bidang lomba, dan diikuti peserta terbaik SMK negeri dan swasta dari 9 kabupaten/kota. Saat LKS SMK Jatim mendatang, peraih peringkat juara 1-5 tiap bidang lomba ini akan bersaing kembali dengan peserta terbaik dari 38 kabupaten/kota. [choirul ameen]

Exit mobile version