Prof Hilman Latief: Mahasiswa Muhammadiyah Agen Penyebar Kebaikan

Hilman Latief

Prof Hilman Latief: Mahasiswa Muhammadiyah Agen Penyebar Kebaikan

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPAIK) menggelar kegiatan “Pembukaan Baitul Arqam Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021-2022” virtual pada Ahad (13/02/2022).

Pada pembukaan tersebut, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Hilman Latief, S.Ag., M.A., Ph.D. tampil mengisi stadium general.

Dalam paparannya, Prof. Hilman mengatakan dirinya berharap ada kaum muda atau mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Bandung yang menjadi agen perubahan.

Bukan sekadar agen perubahan semata, tetapi Prof. Hilman mengatakan agen perubahan tersebut harus digital frendly atau akrab dengan dunia digital.

“Dengan cara begitu, mereka bisa mengkampanyekan kebaikan-kebaikan dengan cara mereka sendiri yang tentu saja berdasarkan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Islam,” ungkap Prof. Hilman dalam stadium general pembukaan Baitul Arqam Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) Tahun Akademik 2021-2022.

Prof. Hilman mengatakan bahwa memasuki satu era baru saat ini, yakni era teknologi digital dan informasi, peluang serta kesempatan untuk berkreasi bagi kaum muda sangat besar.

”Apalagi masa depan dan masa saat ini banyak diisi oleh generasi-generasi yang memang sudah melek dengan teknologi digital,” paparnya.

Selain cakap digital, dalam kesempatan tersebut, Prof. Hilman juga menyoroti soal akhlak mulia, kemandirian, dan pandangan yang berkemajuan. Hal itu bisa tewujud salah satunya melalui volunteerism.

Bukan hanya untuk mahasiswa baru, kegiatan Baitul Arqam juga akan digelar untuk level pimpinan, karyawan, tendik, dan dosen yang ada di lingkungan UMBandung.

Demikian disampaikan Ketua LPPAIK UMBandung Drs. H. Dikdik Dahlan Lukman, M.Hum. dalam sambutannya.

”Alhamdulillah kegiatan Baitul Arqam tahap pertama ini digelar mulai hari ini (Minggu, 13 Februari 2022) sampai tanggal 24 Februari 2022 dan diikuti 1248 mahasiswa baru. Dari jumlah itu, maka Baitul Arqam akan dibagi menjadi empat etape sesuai dengan jumlah fakultas yang ada di UMBandung,” tutur Dikdik.

Dikdik memerinci bahwa 14-15 Februari Baitul Arqam untuk Fakultas Sains dan Teknologi. Kemudian 15-16 Februari untuk Fakultas Sosial dan Humaniora.

Sementara pada 21-22 Februari untuk Fakultas Agama Islam. Terakhir Baitul Arqam untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan diselenggarakan pada 23-24 Februari. (Firman Katon)

Exit mobile version