Vaksinasi “Muhammadiyah untuk Semua” PDM Pulang Pisau

Vaksinasi

Vaksinasi “Muhammadiyah untuk Semua” PDM Pulang Pisau

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah –  Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau, Senin (14/2/2022). Agenda ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Muhammadiyah untuk percepatan vaksinasi yang ada di seluruh Indonesia.

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Komplek Perguruan Muhammadiyah Pulang Pisau, di Masjid KH Ahmad Dahlan terlaksana atas kerjasama dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Kemenkes RI. Sementara pelaksana kegiatan yakni Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Tengah bersinergi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau dan segenap ortomnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua PDM Pulang Pisau, H.Supardi S, Sos. M.AP, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1011 Kuala Kapuas, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pulang Pisau, yang sekaligus membuka kegiatan Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah untuk Semua.

Koordinator Kegiatan vaksinasi, Ilham Syahputra mengatakan Kegiatan Mentari Covid-19 Vaccine (MCV) MPKU Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini merupakan sebuah program vaksinasi massal Covid-19 bertajuk “Muhammadiyah untuk Semua” yang didukung oleh USAID dan Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

“Ini menjadi langkah awal Muhammadiyah untuk percepatan vaksinasi dengan target 3000 vaksin untuk seluruh Kalimantan Tengah,  yang tersebar di Kabupaten Pulang Pisau dan akan dilanjutkqn di Kabupaten Katingan.

Kegiatan  vaksinasi  massal Covid-19 ini adalah rangkaian kegiatan yang  dibuka pertama kali di Kabupaten Pulang Pisau,  kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan di beberapa titik di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Ilham mengucapkan terima kasih kepada Dinas kesehatan Kabupaten Pulang Pisau yang telah mendukung kegiatan, baik dari tenaga kesehatan maupun  logistik dan dosis vaksinnya.

“Untuk hari ini di Pulang Pisau ada 200 vaksin yang disiapkan dan selanjutnya tim Muhammadiyah Non Nakes akan berkoordinasi dengan dinas Kesehatan Pulang Pisau dan Kabupaten katingan untuk memastikan target kita, jika perlu door to door sampai ke kecamatan-kecamatan” tambahnya.

Ketua Pimpinan daerah Muhammadiyah Pulang Pisau, H. Supardi, S.Sos, M.AP mendukung kegiatan vaksinasi Muhammadiyah untuk semua yang dilakukan secara masif dan bekerja sama dengan semua pihak,baik dari Dinas Kesehatan Kabupaten, maupun dari semua elemen Muhammadiyah Kalimantan Tengah yang bergerak bersama mendukung pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi dan semoga dapat tercapai target dari Muhammadiyah pusat

“Mari kita dukung kegiatan ini, ajak mulai dari keluarga kita atau teman dekat yang belum vaksin, baik dosis 1, 2 atau 3 atau sudah sampai waktunya untuk segera lakukan vaksin,” ujarnya.

Sementara itu Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Drg, Sopiah mengatakan Dari data yang di peroleh Dinas Kesehatan Pulang Pisau, bahwa untuk capaian vaksin dosis 1 sudah cukup bagus , dan menghimbau kepada masyarakat untuk segera lakukan vaksin kedua, dan setelah vaksinasi kedua minimal 6 bulan dengan usia 18 tahun keatas disarankan untuk melakukan vaksin booster ketiga , Vaksinasi adalah salah satu cara untuk menekan angka kematian.

Sopiah mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah telah mendukung percepatan vaksinasi ini dan berharap lebih banyak lagi organisasi , lembaga atau pihak swasta seperti Muhammadiyah untuk mengajak masyarakat untuk dapat divaksinasi.

“Kami sangat berharap kegiatan ini sangat bermanfaat untukmasyarakat Pulang Pisau dan bukan hanya dari kalangan Muhammadiyah saja, sesuai tema kegiatan Muhammadiyah untuk semua, dan kami pesan kepada semua warga masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan , karena apapun jenis varian covid-19 proses pencegahannya tetap sama yaitu 5M + V ( Vaksinasi),” katanya. (Bonni)

Exit mobile version