Latihan Imtihan dan Tasmi’ Al Qur’an di SDM Limas Seru Menyenangkan

sdm limas

Latihan Imtihan dan Tasmi’ Al Qur’an di SDM Limas Seru Menyenangkan

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Ahmad Syaifuddin, MPd, guru Limas Tilawatil Qur’an SD Muhammadiyah 15 Surabaya, pemandu acara latihan Imtihan yang ke IX dan Tasmi’ Tahfidz Al Qur’an ke 1 juz 29 dan 30, mengatur tempat duduk peserta sesuai dengan protokol kesehatan, Selasa – Jum’at, 22 – 25 Februari 2022 di masjid At Taqwa SD Muhammadiyah 15 Surabaya.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 05 Maret 2022 ini akan diikuti 38 siswa-siswi peserta Imtihan sedangkan 18 siswa-siswi peserta Tasmi’.

Muasri, SPd ketua panitia menuturkan syarat bisa mengikuti Imtihan, pertama siswa-siswi diuji oleh tim penguji dari Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya mitra kerja SD Muhammadiyah 15 Surabaya, dengan 4 materi terdiri dari: Fashohah, Tartil, Tajwid, dan Ghorib.

Kedua siswa-siswi membaca Al-Qur’an dari surat Attakatsur sampai surat An-Nass secara bersama-sama, dan dilanjutkan dengan Do’a Khotmil Qur’an. Ketiga siswa-siswi diuji secara langsung bacaan Al-Qur’an yang mencangkup Fashohah, Tartil, Tajwid, dan Ghorib oleh hadirin,

“Sedangkan siswa-siswi yang mengikuti Tasmi’ Tahfid akan diuji oleh tim penguji dari Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya dengan materi terdiri dari, sambung ayat mulai surat An Naas – An-Naba’ secara acak.” Ungkapnya sambil mempersiapkan peserta mengikuti latihan.

Tujuan kegiatan Imtihan dan Tasmi’ Tahfidz Al Qur’an ini adalah guna meningkatkan mutu dalam bacaan Al-Qur’an dari tiap siswa di lingkungan SD Muhammadiyah 15 Surabaya, dan Khataman Al-Qur’an dalam pembelajaran LTQ (Limas Tilawatil Qur’an), serta untuk mengukur pencapaian target pembelajaran yang telah diprogramkan sekolah semester Gasal Tapel 2020-2021 (sekitar 70 pertemuan saat proses pembelajaran).

“Yang paling utama sebenarnya, menyiapkan generasi muslim yang memiliki kemampuan baca Al-Qur’an yang baik, benar dan juga berkualitas dan Membentuk anak-anak sebagai penghafal dan bisa mengamalkan Al Qur’an.” Sambung Muasri, saat dijumpai di sela-sela kesibukannya.

Disisi lain, Bulan Flotilla Lexandra, siswi kelas 5 Ahmad Dahlan, salah satu peserta Imtihan dan Tasmi’ yang punya cita-cita Hafidzah, merasa senang dan semangat saat mengikuti latihan bersama Ustad dan Ustadzah SD Muhammadiyah 15 Surabaya.

“Do’a dan harapan nya semoga saat pelaksanaan kegiatan Imtihan dan Tasmi’ nanti bisa lancar dan sukses, karena kami nanti akan diuji secara langsung dari tim penguji dan disaksikan oleh kedua orang tua kami, do’akan ya,” seru Bulan panggilan akrabnya sambil tersenyum bangga membawa Al Qur’an.

Exit mobile version