Plt Walikota Hadiri Pelantikan PC IMM Siantar

IMM

Plt Walikota Hadiri Pelantikan PC IMM Siantar

PEMATANG SIANTAR, Suara Muhammadiyah – Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, Sp.A, menghadiri acara pelantikan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadyah (IMM) Kota Pematangsiantar, periode Amaliah 2021 – 2022, di Ruang Serba Guna Bappeda Kota Pematangsiantar, pada Minggu pagi tadi (27/2/2022), pukul 10.00 WIB.

Susanti dalam sambutannya mengatakan, bahwa gerakan mahasiswa kerap menjadi cikal-bakal perjuangan nasional. Begitu juga dengan gerakan mahasiswa saat ini, memiliki semangat nasionalisme kebangsaan, yang turut andil dalam kemaslahatan umat dan proses pembangunan, ujarnya.

Ada dua peran penting mahasiswa, yakni sebagai agent of change atau agen perubahan dan sebagai agent of social control atau agen kontrol sosial, tambahnya.

Susanti menerangkan, bahwa sebagai agent of change, mahasiswa harus mampu menawarkan paradigma baru kepada masyarakat dalam mengikuti perkembangan zaman.

“Kita tahu, kemajuan teknologi semakin pesat. Terlebih di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang sangat diperlukan kecepatan dan kepekaan dalam menangkap sebuah peluang, dengan menyingkirkan berbagai hambatan. Dan salah satunya dengan pemanfaatan teknologi. Disinilah peran mahasiswa sebagai kaum intelektual muda untuk dapat mendorong masyarakat agar paham akan teknologi supaya tidak tertinggal,”katanya.

Sedangkan mahasiswa sebagai agent of social control, lanjutnya, yakni bagaimana seorang mahasiswa harus mampu menempatkan dirinya menjadi kaum tengah, berada di antara Pemerintah dan masyarakat. Yang mana disatu sisi, mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat, dan di sisi lain, mahasiswa menjadi mitra Pemerintah dalam upaya menyukseskan berbagai program yang berimplikasi, baik bagi kehidupan masyarakat.

Maka dari itu, peran tersebut harus bisa diambil oleh mahasiswa, selain menyuarakan aspirasi masyarakat, juga bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah, khususnya di Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini, ungkapnya.

Dan saya yakin, Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM Kota Pematangsiantar yang baru dilantik pada hari ini, merupakan figur-figur yang tepat, serta memiliki kapabilitas dan akseptabel, sehingga diberi kepercayaan oleh para anggota untuk memimpin IMM hingga akhir masa jabatan, katanya lagi.

Untuk itu, mari tunjukkan bahwa IMM siap menguasai perubahan-perubahan di masa depan, dan harus mengembangkan diri sebagai aktivis yang pro rakyat, terang Susanti.

Dia juga memberitahukan, bahwa sejak dua minggu yang lalu, Kota Pematangsiantar berada di level 3 dan sepertinya semakin meningkat dan ada beberapa saudara-saudara kita yang meninggal dunia.

Oleh karena itu, saya menginginkan kepada ananda semua yang ada di sini, mari kita laksanakan dan sukseskan program serta himbauan dari Pemerintah dalam pelayanan vaksinasi Covid-19, supaya kita sehat, harapnya sambil mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus IMM Kota Pematangsiantar.

Bangun Sinergi dan Kolaborasi

Sementara itu, Ketua DPD IMM Sumatera Utara Muhammad Arifuddin Bone berharap agar pengurus yang baru dilantik bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar, karena Kota Pematangsiantar adalah kota yang sangat strategis. ” Saya yakin Ibu Wali Kota akan mensuport kegiatan IMM, jika IMM bisa berkolaborasi untuk mensukseskan pembangunan di Kota Pematangsiantar,” kata Arifuddin Bone.

PDM Kota Pematang Siantar yang diwakili Ketua Majelis Dikdasmen Zainal Siahaan mengungkapkan, pelantikan kepengurusan ini adalah kepengurusan yang ke tiga. PDM Kota Pematang Siantar, mengucapkan terima kasih kepada generasi muda, anak – anak kami yang telah ikut serta dalam mengembangkan IMM di Kota Pematangsiantar. Dan perlu kita ketahui, bahwa Implementasi semboyan Ibu Wali Kota adalah 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun).

Ketua Amaliah IMM Kota Pematangsiantar yang lama, Fauzan Azmi Hasibuan, menyampaikan mohon ma’af, jika dalam kepemimpinannya, masih banyak kekurangan serta tutur dan sapa yang kurang. Dan kedepannya, saya mohon kita tetap terus bekerja sama, untuk memajukan IMM ini.

Sementara, Ketua Amaliah IMM Kota Pematangsiantar yang baru, Bill Fattah Paduanta Ilyan Nasution menyampaikan, kegiatan pelantikan IMM ini jangan hanya seremonial belaka, namun mari kita bekerjasama dan sama bekerja dalam memajukan IMM ini.

Acara pelantikan pengurus IMM tersebut juga dihadiri Kapolres Pematangsiantar, yang diwakili Kasat Sabhara, AKP. Muri Yasnal, SH, dan Organisasi Mahasiswa Cipayung Plus. (Syaifulh/Nisa)

Exit mobile version