UM Palopo Lakukan Pengabdian Peningkatan Pariwisata Kelurahan Kambo

UM Palopo Lakukan Pengabdian Peningkatan Pariwisata Kelurahan Kambo

UM Palopo Lakukan Pengabdian Peningkatan Pariwisata Kelurahan Kambo

PALOPO, Suara Muhammadiyah – Kelurahan Kambo di Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo merupakan salah satu desa yang berada di ketinggian (high land) yang memiliki berbagai potensi alam khususnya di sektor pertanian dan pariwisata.

Hanya saja dengan potensi yang besar, Kelurahan Kambo masih memiliki berbagai permasalahan terutama di bidang pertanian, kesehatan dan wisata dimana potensi yang dimiliki tersebut belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terdorong permasalahan tersebut, Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo) melakukan pengabdian di Kelurahan Kambo guna meningkatkan kapasitas masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini merupakan Program Riset Keilmuan-Skema Hibah Riset Desa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021.

Dalam pengabdian tersebut, masyarakat Kelurahan Kambo diberikan berbagai keterampilan yang diharapkan dapat meningkatkan sisi ekonomi sosial masyarakat setempat.

Tim riset tersebut beranggotakan Dr Muh Zainal S MSi, apt Ervianingsih SFarm MSi, apt Chitra Astari SFarm MSi, dan mahasiswa dari UM Palopo.

Tim tersebut bergerak dengan program utama yaitu Peningkatan Kapasitas di Bidang Pertanian, Kesehatan dan Wisata Berbasis Potensi Alam Lokal Guna Mendukung Kemandirian Desa.

Kegiatan perngabdian berlangsung sejak awal Januari – Februari 2022. Tim pengabdian telah melakukan beberapa kegiatan di antaranya; pertama penyuluhan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kedua pelatihan dan pendampingan pembuatan minuman kesehatan dari bahan alam untuk mencegah Covid-19, ketiga penyuluhan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS), dan keempat penyuluhan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

“Kedepannya tim akan memfokuskan program kegiatan pada peningkatan kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata,” kata Ketua tim riset Dr Muh Zainal S MSi.

Adapun kegiatan penyuluhan dihadiri lebih dari 30 warga dan mendapat sambutan positif.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan seperti ini sangat baik karena dapat memberikan pengetahuan baru bagi kami warga di desa kambo tentang cara hidup sehat” ujar Wahyuni Ketua Kelompok Wanita Tani Kelurahan Kambo.

“Masyarakat desa kambo merasa mendapat perhatian dari Pemerintah melalui program pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Palopo,” tambahnya.

Ketua riset pengabdian UMPalopo Dr Muh Zainal menyampaikan kegiatan ini akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2022.

“Diharapkan dukungan partisipasi dari warga Desa Kambo sehingga masyarakat terus termotivasi agar menjaga kesehatan sehingga lebih produktif untuk mencapai tujuan kemandirian ekonomi,” ujarnya. (*)

Exit mobile version