Abdimas Umsida Ciptakan Mesin Cetak Pelet Pakan Ikan

Umsida

Abdimas Umsida Ciptakan Mesin Cetak Pelet Pakan Ikan

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah – Para kelompok petani ikan yang berada di Dusun Gelondoro, Desa Kedungpandan Jabon Sidoarjo mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pelet pakan ikan untuk usahanya yang semakin lama semakin meningkat biaya produksinya.

Oleh karena itu, pada Hari Jumat, tanggal 4 Maret 2022, Tim Hibah Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), yang dipimpin oleh Ketua, Dr. Izza Anshory, ST, MT bersama anggotanya Dr. A’rasy Fachrudin, MT dan Lukman Hudi, S.TP M.MMT, serta para mahasiswa mengadakan kegiatan sosialisasi formulasi dan implementasi dinamo sebagai penggerak mesin cetak pelet pakan ikan pada Kelompok Petani Ikan Gelondoro.

Menurut Ketua Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr. Izza Anshory, ST, MT, tujuan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kebutuhan para kelompok petani ikan terhadap pelet pakan ikan, yang selama ini kebutuhan pelet pakan ikan tersebut dipenuhi dengan cara membeli dari pabrik. Maka dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan para petani bisa menekan biaya produksi yang dikeluarkan oleh para petani ikan yang tergabung di Kelompok Petani Ikan Gelondoro dengan membuat sendiri pelet pakan ikan dengan formulasi yang benar dan tepat.

Formulasi yang benar dan tepat menurut Lukman Hudi, S. TP, MMT, aspek kebutuhan gizi pada ikan adalah sama dengan makhluk hidup lain, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral agar dapat melakukan
proses fisiologi dan biokimia selama hidupnya. Pakan untuk benih ikan harus mengandung gizi yang lebih tinggi sekitar 50% sedangkan nutrisi pakan yang baik untuk pembesaran ikan lele pada umumnya berkisar antara 25-35%, protein, 4-18% lemak, dan 10-20% karbohidrat.

Kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan demonstrasi pembuatan pelet pakan ikan dan penyerahan alat mesin cetak pelet pakan ikan untuk Kelompok Petani Ikan Gelondoro Desa Kedungpandang, Kecamatan Jabon Sidoarjo.

Ketua kelompok Tani Budidaya Ikan Gelondoro, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Bapak Ngatemo mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Hibah dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, karena sangat membantu untuk mengurangi beban biaya produksi kebutuhan pelet pakan ikan. (Yuda).

Exit mobile version