Vaksinasi Booster UMBandung Bentuk Herd Immunity

Vaksinasi Booster

Vaksinasi Booster UMBandung Bentuk Herd Immunity

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Untuk meningkatkan herd immunity, Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) mengadakan kegiatan vaksinasi booster astrazeneca di Puskesmas Panyileukan, Kota Bandung, Sabtu (05/03/2022).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama Pusat Studi Kebencanaan UMBandung dengan UPTD Puskesmas Panyileukan Kota Bandung.

“Seharusnya vaksinasi ini dilaksanakan bulan lalu. Cuma dapat informasi dosis baru dua hari ini,” ujar Setiadin dari Pusat Studi Kebencanaan LPPM UMBandung.

Kang Tias—sapaan akrab Setiadin—menambahkan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut tak hanya diperuntukkan bagi keluarga besar UMBandung.

“Jadi masyarakat umum pun boleh daftar untuk vakisn booster ini. Dan alhamdulillah sambutan dari masyarakat pun antusias,” terang Kang Tias yang juga Ketua Satgas Covid-19 UMBandung ini.

Pada vaksinasi booster tersebut, lanjut Kang Tias, targetnya tercapai. “Alhamdulillah kita dapat kuota 220 peserta vaksin,” tutur Kang Tias di area Puskesmas Panyileukan.

Selain untuk menjaga herd immunity (kekebalan kelompok), kata Kang Tias, kegiatan vaksinasi ini sebagai persiapan tatap muka kegiatan belajar mengajar di UMBandung.

“Ini untuk persiapan perkuliahan. Kalau sudah divaksin tentu imun bisa lebih kuat menghadapi virus Covid-19,” paparnya.

Kepala UPTD Puskesmas Panyileukan, drg. Erna Kurniati, berharap masyarakat berperan aktif mengikuti vaksinasi booster.

“Ini vaksin ketiga jenis astrageneca. Semoga dengan vaksinasi tersebut menambah herd immunity bagi peserta vaksin,” ucap Erna.

Dia pun meminta masyarakat untuk patuh menjaga kesehatan di mana pun berada. “Selain mempraktikkan 5M, juga selalu jaga jarak dari kerumunan,” katanya.***(Cecep Hasannudin)

Exit mobile version