• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Sabtu, Desember 13, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Abdimas UMY dan UNISA Tingkatkan Kapasitas Perempuan Bidang UMKM

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
9 Maret, 2022
in Berita
Reading Time: 2 mins read
A A
0
Abdimas
Share

Abdimas UMY dan UNISA Tingkatkan Kapasitas Perempuan Bidang UMKM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – “Pemasaran online adalah keniscayaan saat ini bagi dunia bisnis. Namun ternyata bagi sebagian besar perempuan pelaku usaha kecil menengah (UMKM) belum memahaminya.” Hal tersebut disampaikan Tri Hastuti Nur R, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam acara Pelatihan Pemasaran Online untuk perempuan pelaku UMKM di Gamping Sleman.

Baca Juga

Ribuan Mahasiswa Baru UMY Ikuti Achasa Perkasa

UNISA Yogyakarta Dukung Pembinaan Atlet Sepakbola Usia Dini di Grassroot Football Festival

Dalam pelatihan yang diadakan pada Rabu, (2/2/2022) ini Tri menyebut bahwa rata-rata perempuan hanya memiliki pengetahuan dan ketrampilan pemasaran online maksimal 50% tentang istilah dan fitur-fitur dalam pemasaran marketing.

Padahal menurut Tri, perempuan pelaku UMKM memiliki jumlahnya yang cukup besar dan mereka adalah penopang ekonomi keluarga dan sekaligus penopang ekonomi nasional. “Oleh karena itu menjadi sebuah kebutuhan mendesak bagi perempuan pelaku UMKM diberikan kesempatan meningkatkan kemampuan pemasaran online sehingga usahanya mampu bersaing dan terus meningkat,” terang Tri.

Pelatihan marketing online ini merupakan program pengabdian masyarakat (PKM) kolaborasi UMY dan Unisa Yogyakarta dalam meningkatkan daya saing produk-produk pelaku UMKM Perempuan. Peserta dari program pengabdian adalah perempuan pelaku UMKM pengrajin Batik Shibori di Kecamatan Gamping.

Mengapa perempuan pelaku UMKM Shibori? Hal ini berdasarkan tren yang sedang berkembang terkait minat masyarakat yang tinggi terhadap wastra nusantara, salah satunya Batik Shibori.

Shibori adalah teknik membuat motif kain serupa batik yang dilakukan di Jepang. Menurut Faidati, dosen Unisa Yogyakarta, kegiatan pengabdian masyarakat ini diwujudkan dengan peningkatan ketrampilan pemasaran online dengan materi antara lain pengenalan fotografi untuk pemasaran online, workshop foto produk, dan strategi pemasaran online menggunakan media sosial.

Faidati menjelaskan bahwa model, waktu, dan metode pelatihan ini dilaksanakan dengan mengikuti kebutuhan dan waktu para perempuan pelaku UMKM ini, oleh karena itu pelatihan dilaksanakan dalam beberapa pertemuan. “Harapannya para pengrajin shibori dapat bertahan di tengah himpitan pandemi Covid-19 ini,” ujar Faidati.

Dalam pelatihan yang berlangsung sangat komunikatif dan dinamis ini, perempuan pelaku UMKM Shibori belajar bagaimana pemilihan kamera untuk fotografi, mulai dari yang sederhana sampai paling canggih, konsep, dan teknik fotografi. Peserta diajarkan bagaimana tips untuk memperoleh kualitas fotografi yang bagus dengan memperhatikan cahaya, intensitas, warna, serta waktu pemotretan objek yang dapat berpengaruh pada kualitas hasil fotografi.

Selanjutnya untuk materi pemasaran online, para peserta belajar bersama bagaimana langkah-langkah membangun bisnis secara online. Mereka harus menetapkan posisi mana yang diinginkan yaitu peran dropship atau makelar, reseller, businnes owner atau produsen, dan investor. Perempuan pelaku UMKM harus melakukan riset sederhana misalkan untuk strategi pemasaran, tren pasar, selera konsumen, dan sebagainya sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Para peserta juga sangat antusias mengikuti materi tentang pengelolaan akun Instagram sebagai media pemasaran online. Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran online ditutup dengan praktek bagaimana membuat konten digital dalam bentuk video yang akan diunggah di media sosial sebagai materi pemasaran online.

Tags: UMYUnisa
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Ribuan Mahasiswa Baru UMY Ikuti Achasa Perkasa
Berita

Ribuan Mahasiswa Baru UMY Ikuti Achasa Perkasa

5 September, 2023
UNISA Yogyakarta Dukung Pembinaan Atlet Sepakbola Usia Dini di Grassroot Football Festival
Berita

UNISA Yogyakarta Dukung Pembinaan Atlet Sepakbola Usia Dini di Grassroot Football Festival

5 September, 2023
Waspada, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Meningkat
Berita

Waspada, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Meningkat

29 Agustus, 2023
Next Post
Kapolda DIY Pantau Vaksinasi Booster di Unisa Yogyakarta

Kapolda DIY Pantau Vaksinasi Booster di Unisa Yogyakarta

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In