Tim Salad UMBandung Raih ‘Best of Seven’ Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

UMBandung

Tim Salad UMBandung Raih Best of Seven Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Prestasi demi prestasi terus direbut oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung).

Kali ini, prestasi itu ditunjukkan oleh mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.

Siapa mereka? Mereka adalah Yukeu Fadilah, Assyifa Hisanah Amaliah, dan Sri Rizki Widia. Ketiganya merupakan mahasiswi Akuntansi angkatan 2021.

Lomba ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Komisi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (UII) pada 4 Desember 2021.

Adapun tema lomba karya tulis ilmiah tersebut, yakni Transformasi Peran Akuntan dalam Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Era Society 5.0.

Dalam lomba menulis ilmiah itu, ketiga mahasiswi yang mewakili UMBandung ini menjadi 1 tim bernama Salad.

Tim Salad memilih sub-tema Akuntansi Manajemen dengan judul paper Membangun Akuntansi Sehat dalam Merespon Climate Change dan Sustainability: Studi Interpretif dari Kebaikan Lotek.

Karya mereka lalu dipresentasikan di hadapan dewan juri. Hasilnya, tim Salad meraih best of seven atau 7 terbaik.

Kepala Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMBandung, Erfan Efriansyah mengaku senang atas raihan anak didiknya dalam kompetisi karya ilmiah.

“Insyallah prodi Akuntansi akan selalu support, baik pendampingan, pembimbingan maupun secara materil,” ungkap Erfan di sela-sela pemberian hadiah kepada ketiga mahasiswanya itu di ruang dosen UMBandung, Senin 7 Maret 2022.

Erfan meminta mahasiswa Akuntansi untuk berperan aktif mengikuti kegiatan yang dapat membawa nama baik kampus.

“Kalau ada event, silakan ikuti  dan infokan ke kami seperti apa kegiatannya. Semua itu butuh kolaborasi antara prodi dan mahasiswa,” terang dosen berkacamata itu.

Yukeu Fadilah, salah satu Tim Salad mengatakan tak menyangka bakal meraih best of seven. “Soalnya lawan kita dari kampus-kampus terkenal,” kata Yukeu.

Lalu, berapa lama mereka membuat karya ilmiah tentang Akuntansi Manajemen sebelum dipresentasikan?

“Dua mingguan. Soalnya gak ngitung berapa lama kita bikin, waktunya juga sebentar buat bikin makalahnya, karena November udah harus dikirim ke panitia,” sambung Yukeu.

Keikutsertaan Tim Salad dalam lomba karya tulis ilmiah tersebut, selain mendapat pengalaman juga memperoleh pengetahuan baru.

“Kalau ada lomba lagi, insyaallah kita siapkan lebih matang supaya kita bisa mencapai yang lebih baik lagi,” ungkap dua rekan lainnya, Assyifa Hisanah Amaliah dan Sri Rizki Widia.

Tim Salad pun senang karena usaha mereka membawa nama baik UMBandung didukung oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terutama Prodi Akuntansi.

“Para dosen sangat antusias mendengar kami masuk best of seven. Mereka mendorong kami supaya terus mengukir prestasi di lain waktu,”  tutup Tim Salad riang. (Cecep Hasannudin)

Exit mobile version