Kisah PRM Moropelang Meraih Juara Harapan LPCR EXPO

PRM Moropelang

Kisah PRM Moropelang Meraih Juara Harapan LPCR EXPO

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Expo LPCR (Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting) Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dipimpin Muhammad Jamaludin Ahmad dilaksanakan pada tanggal 19 Pebruari sampai 1 Maret 2022. Menyongsong kegiatan LPCR Expo ini PRM Moropelang mulai menyiapkan 6 aspek keunggulan sejak dinobatkan sebagai Ranting Unggulan PCM Babat .

Menurut ketua PRM Moropelang Nurhadi, S.Pd.M.E. ada enam aspek unggulan yang telah dipersiapkan, sehingga mengantarkan PRM Moropelang meraih juara harapan even LPCR EXPO 2022. Aspek itu meliputi :

Pertama, aspek pembinaan jamaah berupa kajian rutin hari Selasa dan Jumat setiap subuh dan Maghrib. Secara istiqomah tidak terputus selama bertahun tahun yang diasuh oleh KH Khoirul Huda dan Ust. Ma’aly Sofyan.

Selain itu kajian rutin juga di selenggarakan oleh Pimpinan Ranting Aisyiyah Moropelang yang diketuai Maisaroh secara bergilir dari rumah anggota Aisyiyah Moropelang.

Kedua, aspek pemanfaatan media digital sebagai media dakwah menjadi andalan PRM Moropelang untuk menutup kekurangan diaspek yang lain. Diantara media dakwah yang dimiliki PRM Moropelang adalah Web blog, FaceBook, Instagram, Twitter, Youtube, Radio Streaming, buletin Al Islam. Semua media sosial tersebut digunakan untuk kebutuhan dakwah di PRM Moropelang.

“Dengan media dakwah ini maka jamaah yang ada di luar kota atau luar pulau tetap bisa mendengarkan dan melihat secara langsung kajian – kajian di PRM Moropelang. Melihat hasil rekaman kajian di media dakwah PRM Moropelang. Dengan adanya teknologi ini maka pembinaan jamaah tetap bisa berjalan tanpa ada halangan yang berarti,” ungkap Tutor Microsoft Education Center pada Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 level 100

Ketiga, aspek yang juga menjadi andalan adalah kaderisasi dan partisipasi Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). Di mana AMM di PRM Moropelang dibina , didorong, didampingi dan diberi motivasi untuk aktif mengadakan berbagai kegiatan.

“Sebagai proses kaderisasi bagi calon-calon kader Pimpinan Ranting Muhammadiyah Moropelang. Saat ini AMM Moropelang terus berproses baik di bidang dakwah, ekonomi, organisasi, pemanfaatan teknologi sebagai dakwah,” ungkap Faselitator Daerah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini

Dibidang ekonomi, AMM Moropelang diberikan motivasi untuk hidup mandiri dengan mengadakan berbagai kegiatan dengan mendirikan toko online Melati Mart. Toko online ini melayani kebutuhan jamaah maupun kebutuhan Amal Usaha Muhammadiyah.

Selain itu menurut Nurhadi, meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan mengadakan kerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) komisariat Sinichi Universitas Muhammadiyah Surabaya. IMM ini memberikan pendampingan pada digitalisasi UMKM bagi AMM Moropelang.

“Keberadaan anak – anak muda ini sangat penting untuk kaderisasi Muhammadiyah di Moropelang. Tapak Suci, IPM, NA dan Pemuda Muhammadiyah selalu dimotivasi untuk selalu aktif dan proaktif ketika PRM dan Ortom mengadakan berbagai kegiatan,” ujar Nara sumber Literasi Digital Nasional, Indonesia Makin Cakap Digital

Keempat, aspek kepemimpinan, organisasi dan manajemen di PRM Moropelang yang di nahkodai Nurhadi, S.Pd.M.E. ini menerapkan sistem bagi tugas tuntas. Artinya setiap tugas diberikan kepada Koordinator Majelis secara tuntas habis dan Koordinator Majelis akan melaksanakan kegiatan bersama dengan majelis – majelis sesuai tupoksinya

Nurhadi yang juga menjadi kepala sekolah di salah satu SMP Negeri ini mengatakan di PRM Moropelang tidak ada Superman tetapi yang ada adalah SuperTim. Artinya semua tugas dikerjakan oleh Tim secara bersama – sama sesuai dengan tugas masing-masing. Sehingga keberhasilan adalah keberhasilan bersama sedangkan kegagalan adalah kegagalan yang harus diperbaiki secara bersama sama pula.

Untuk evaluasi semua kegiatan di PRM Moropelang maka rapat koordinasi Pimpinan Ranting diadakan setiap 2 bulan sekali yang ditempatkan disalah satu rumah Pimpinan Ranting secara bergantian. Tentu tujuannya yang utama koordinasi dan silaturrahim

Kelima, aspek Amal Usaha Muhammadiyah ( AUM ) bidang pendidikan. PRM Moropelang baru memiliki MIM , PAUD dan TPA . Di dalam setiap pembinaan kepada AUM di Moropelang, Nurhadi yang juga menjadi anggota Majelis Dikdasmen Cabang Babat selalu memberika dorongan, motivasi kepada guru – guru untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga AUM ini tidak stagnan atau berhenti di tempat.

“Dengan pendampingan dan kerja sama yang baik maka AUM di Moropelang sering mendapatkan juara di berbagai lomba yang diselenggarakan Dikdasmen cabang , daerah maupun lembaga lain. Hal ini menjadi salah satu bahan yang dipersiapkan untuk mengikuti LPCR,” jelasnya

Keenam aspek pemberdayaan ekonomi dan sosial keumatan PRM Moropelang. Melalui majelis ekonomi di tingkat Ranting memiliki usaha lahan yang disewakan untuk para jamaah yang ingin mendirikan usaha.

Misalnya cuci mobil, motor, pertamini, warung , pupuk cair, tempat pembayaran PDAM. Sedang dibidang sosial melalui PRA Moropelang mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para Lansia yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Muhammadiyah Babat.

Menurut Maisaroh ketua PRA Moropelang selain kegiatan rutin pemeriksaan kesehatan juga memberikan santunan kepada janda miskin, yatim, piatu dan para warga yang kurang beruntung.

“Dengan keistiqomahan untuk selalu berdakwah, berlomba lomba dalam kebaikan maka terbentuk Ranting yang tangguh pada sisi rohani, spiritual dan akidah,” pungkasnya. (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version