Sekolah Peternakan Muhammadiyah Terpilih Bekerjasama dengan Belanda

Sekolah Peternakan Muhammadiyah

Sekolah Peternakan Muhammadiyah Terpilih Bekerjasama dengan Belanda

MEDAN, Suara Muhammadiyah – SMK Swasta SPP SNakMA Muhammadiyah Tanjung Anom Pancur Batu Deli Serdang terpilih satu-satunya sekolah Swasta dalam kerja sama Pemerintah Indonesia dan Belanda. Ada 10 sekolah yang ikut dalam program bergengsi ini.

Demikian disampaikan Ir. Nasriadi Kepala SMK Snakma Muhammadiyah Tanjung Anom kepada jurnalis ‘SM’ siang tadi (17/3). Sepuluh sekolah SMK Pertanian /Peternakan itu adalah :

1. SMK Swasta SPP SNakMA Muhammadiyah Sumatera Utara
2. SMK Negeri Pagaran Sumatera Utara
3. SMK Negeri 1 Karang Tengah Jawa Barat
4. SMK Negeri 1 Wanareja Jawa Tengah
5. SMK Negeri 1 Singgahan Jawa Timur
6. SMK Negeri 3 Kuala Kapuas Kalimantan Tengah
7. SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara Kalimantan Timur
8. SMK Negeri PP Kalasey Sulawesi Utara
9. SMK Negeri PP Padang Sumatera Barat
10. SMK Negeri 1 Gelumbang Sumatera

Nasriadi menjelaskan, pada kerja sama ini ke 10 SMK kepala sekolah dan guru-guru produktif bidang pertanian/peternakan di training secara zoom maupun luring dalam link and match dengan industry program “Empowering Vocational Education and Linking up with Industry” dari mulai bulan Juni 2021 hingga Maret 2022.
Dengan didampingi oleh IPB University dan VEDCA dari Cianjur dan perusahaan-perusahaan dari Indonesia maupun Belanda.

Mrs. Engelice Beenen (Ketua Ahli Koperasi) dari Belanda dan Jan Verhagen (Wageningen University Belanda).

Dalam program ini bagaimana kepala SMK ditraining menjadi seorang CEO (Chief Executive Officer) yang dapat menyelipkan apa yang ada di industri untuk dapat diterapkan disekolah dan guru-guru ditraining kerja di VEDCA cianjur dalam ilmu – ilmu peternakan teori dan praktik dalam ilmu bidang perunggasan serta pengolahan hasil.

Kepala Sekolah SMK Swasta SPP SNakMA Muhammadiyah juga mengirimkan 5 orang guru produktif yang ahli dalam bidang perunggasan yaitu : Ir. Supariadi, drh. Sucitrawan, Yudha Moningka,S.Pt, Gita Wiyata Al Saka, S.Pt, dan Heni Pratiwi Ompusunggu, S.Pt.

Sekolah Peternakan milik Muhamnmadiyah di Medan itu menjadi salah satu sekolah unggulan yang dimiliki Muhammadiyah Sumatera Utara. Sekolah ini diharapkan akan terus berkembang menjadi amal usaha kebanggaan Muhammadiyah. (Syaifulh)

Exit mobile version