Dakwah Kemanusiaan, PCM Matraman Istikamah Gelar Donor Darah

Donor Darah

Tim Donor Darah PCM Matraman

Dakwah Kemanusiaan, PCM Matraman Istikamah Gelar Donor Darah

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Matraman istikamah dalam berdakwah di bidang kemanusiaan. Hal ini terbukti dengan kembali digelarnya Aksi Sosial Donor Darah yang digelar Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PCM Matraman bertempat di SD Muhammadiyah 3 Matraman, Jakarta Timur, Kamis (24/3).

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Drs Nandi Rahman, MAg menyatakan bahwa aksi sosial donor darah seperti yang dilakukan MPS ini sudah sering dilakukan di Komplek Perguruan Muhammadiyah Matraman.

“Ini merupakan aksi  kemanusiaan, salah satunya yang dibudayakan di Muhammadiyah adalah membangkitkan masyarakat agar memiliki sikap peduli antar sesama. Antara lain kita lakukan kegiatan donor darah seperti sekarang ini,” tutur Nandi Rahman dalam sambutannya ketika membuka acara Aksi Sosial Donor Darah MPS.

Ketua Majelis Pelayanan Sosial pada PCM Matraman, Ishak Ismail, mengemukakan, aksi sosial donor darah yang dilakukan Muhammadiyah Matraman sempat terdampak pada masa-masa pandemi Covid-19 yang lalu.

“Masa pandemi kemarin aksi sosial donor darah hanya berkaitan dengan Milad Muhammadiyah bulan November saja. Sekarang pandemic mulai beralih ke endemi.  Majelis Pelayanan Sosial PCM Matraman merencanakan aksi donor darah menjadi empat bulan sekali, ” ungkap Ishak Ismail kutip Gerbang NetWork.

Lebih lanjut Ishak Ismail mengemukakan, bahwa peserta terdaftar sebagai calon pendonor sebanyak 105 orang. Sedangkan ketika dipanggil untuk pemeriksaan kesehatan, yang diperiksa kesehatannya oleh petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta tercatat 95 orang.

Dari target 100 kantong darah dari pendonor, tercapai 76 orang pendonor. Hal itu disebabkan 10 orang yang semula telah terdaftar tidak hadir, dan 19 orang dinyatakan gagal donor karena terkait faktor kesehatan. (gn/rpd)

Exit mobile version