YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pendidikan pada abad ke-21 harus dapat menjamin agar peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan media informasi, dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skill).
Sejumlah organisasi dan institusi telah berupaya merumuskan dan menjelaskan kompetensi dan kecakapan yang diperlukan dalam menghadapi kehidupan abad ke-21. Dalam rangka menyiapkan peserta didik yang memiliki kecakapan abad ke-21, pemerintah melakukan asesmen kemampuan minimum (AKM) pada tahun 2021. Pelaksanaan AKM meliputi penilaian literasi membaca dan numerasi.
Berangkat dari kondisi tersebut, maka Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Soal Tipe AKM kepada guru SD anggota KKG (Kelompok Kerja Guru) se-Kecamatan Pakem. Agenda tersebut mengusung tema ”Pelatihan Penyusunan Soal Bertipe AKM”.
Kegiatan prodamat ini dilaksanan secara online dengan menggunakan platfrom zoom meeting. Dimana pada pelaksanaan pelatihan disusun sedemikian rupa sehingga pemateri dalam hal ini Bapak Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, S.Si.,M.Sc. mampu secara efektif membimbing guru untuk memiliki kemampuan dalam penyusunan instrument tes bertipe AKM (26/3/2022).
Dalam pelatihan penyusunan soal bertipe AKM didesain untuk mempermudah guru dalam proses penyusunan soalbertipe AKM. Adapun output yang diharapakan guru memperoleh referensi dalam menyusun soal tipe AKM dan Guru dapat mempersiapkan siswa dalam mengerjakan soal tipe AKM yang terintegrasi dalam pembelajaran.
Kegiatan ini diplopori oleh mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD yang tergabung dalam Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamat). Selain sebagai bentuk dalam program prodamat, kegiatan pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam poin Pengabdian Kepada Masyarakat.