Pemuda Muhammadiyah Cepu Adakan Diklat Da’iMu

Pemuda Muhammadiyah

Pemuda Muhammadiyah Cepu Adakan Diklat Da’iMu

CEPU, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) mengadakan Pelatihan Da’i Kultum Muhammadiyah kec. Cepu. Acara yang digagas oleh Pemuda Muhammadiyah Cepu tersebut mendapat apresiasi dari bapak ketua PCM Cepu, Drs. Mariya, M.Pd.

Dirinya menyampaikan saat ini di masa saat pandemi mereda dibutuhkan Da’i – Da’i yang menggembirakan “Saya sangat senang dengan tema yang diusung Da’i gembira dan menggembirakan,” Demikian apa yang disampaikan pada saat memberi sambutan sekaligus membuka pelatihan selama Sabtu – Ahad, 26 – 27 Maret 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan 2 hari tersebut diikuti sebanyak 30 peserta dari berbagai AUM dan Ortom yang berada di Persyarikatan Muhammadiyah Cepu berjalan lancar.

Acara yang diselenggarakan di Aula PKU Muhammadiyah Cepu ini bertujuan untuk mewadahi dan membekali Da’i untuk mempersiapkan kultum menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Pemateri Pelatihan Da’i Kultum Muhammadiyah adalah para asatidz yang sudah berpengalaman dakwah. Dikomando oleh Ust. Ahmad Furqony, S.Ag, M.Pd. (Direktur PontrenMu At-Tajdid Cepu) selaku MOT atau _master of training_ dan didukung oleh Ust. Drs. Mariya, M.Pd. (Ketua PCM Cepu), Ust. Zainal Arifin, S.Ag., M.M ( BPH PKU Cepu), dan Ust. Bambang Supriyono, S.Pd. (Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Cepu).

Dalam memimpin jalannya acara ini, Ustadz yang akrab dipanggil Ipung ini menerapkan sistem 20-30-10, 20 menit praktek kultum pembuka, 30 menit penyampaian materi, 10 menit praktek kultum penutup. Selain itu, disela-sela istirahat sholat, kegiatan praktek kultum juga dilaksanakan setelah selesai sholat pada setiap kelompok yang sudah dibentuk. Setiap kelompok difasilitasi oleh seorang mentor yang bertugas merangsang peserta untuk semangat dalam menyampaikan kultum.

“Acara pelatihan ini tidak cukup hanya saat ini saja, nanti akan berkelanjutan setelah 3 bulan kedepan bisa dilaksanakam diluar wilayah cepu dengan MOT dari luar”, tandas Ust. Ipung. Beliau juga menambahkan bahwa pelatihan da’i seperti ini memang rekoso, butuh pengorbanan apalagi peserta harus menginap. Maka hanya mereka yang tergerak dan terpanggil untuk menolong jalan Allah melalui jalan dakwah ini.

Materi-materi yang disampaikan oleh pemateri sangat aplikatif diantaranya Retorika Pidato yang disampaikan oleh Ust. Zainal Arifin, S.Ag., M.M. kemudian Kiat-kiat menyusun materi dakwah yang dibawakan ust. Bambang Supriyono, S.Pd. dan materi pamungkas Komunikasi dalam Dakwah oleh Ust. Drs. Mariya, M.Pd. Kegiatan pelatihan Da’i kultum ini ditutup dengan lomba Da’i oleh perwakilan dari 3 kelompok Ikhwan dan 1 kelompok Akhwat, pemenangnya akan mendapat hadiah yang menarik dari panitia. (Helmi Gunawan)

Exit mobile version