Pecah Telur Lagi, Suara Muhammadiyah Kembali Resmikan Logmart

Pecah Telur Lagi, Suara Muhammadiyah Kembali Resmikan Logmart

Peresmian Logmart Pituruh, Purworejo

Pecah Telur Lagi, Suara Muhammadiyah Kembali Resmikan Logmart

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah ­­– Suara Muhammadiyah adalah sayap Muhammadiyah yang telah terbang menjulang tinggi di bumantara. Di bawah nakhoda kepemimpinan Deni Asy’ari Suara Muhammadiyah kembali melahirkan anak usahanya yakni Logmart. Kali ini Logmart berdiri di hamparan tanah Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah. Kelahiran ini patut disyukuri karena dalam masa kemelut wabah pandemi Covid-19 yang telah 2 tahun membelenggu kehidupan dapat berdiri kokoh dan bahkan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Rombongan tim Suara Muhammadiyah lepas landas dari Yogyakarta ke Purworejo, Jawa Tengah untuk meresmikan Logmart di sana, Senin (28/3/22). Peresmian ini tentunya akan menggentus spirit nan menggebu bagi Suara Muhammadiyah untuk senantiasa bergelora kendatipun sulitnya keadaan sekarang.

Bendahara Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pituruh, Puroworejo, Eko Partono mengapresiasi sepak terjang kelahiran Logmart. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Suara Muhammadiyah yang pada kesempatan kali ini luar biasa memberikan kepercayaan penuh kepada PCM Pituruh untuk bersedia dan diberikan peluang usaha mengembangkan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi di masyarakat pituruh,” tukasnya dalam sambutannya.

Kemudian, menurut Kepala Desa Pituruh, Ahmad Anwar, kehadiran Logmart di wilayah Pituruh ini memberikan satu kontribusi di desa Pituruh. “Logmart ini merupakan milik kita, dari kita dan oleh kita untuk kita, dan manfaatnya untuk umum,” ujarnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo, Pudjiono menyatakan jika logmart akan membantu kekuatan ekonomi masyarakat Pituruh. Dibutuhkan sinergitas antara masyarakat agar pergerakan ekonomi di wilayah Pituruh bisa berjalan dengan baik. Sehingga tidak berhenti di tengah jalan.

Bukti konkret Suara Muhammadiyah menghadirkan Logmart sebagai manifestasi dari kepedulian diri teruntuk masyarakat agar bisa melakukan kebangkitan pasca dihantam oleh badai Covid-19 yang telah meremukan roda perekonomian.

Direktur PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari yang diwakili oleh Prasojo, selaku pengembangan Logmart Pusat mengatakan Logmart yang ada di Pituruh merupakan logmart yang pertama kalinya. Dan secara komprehensif, jumlah Logmart di seluruh Indonesia mencapai 76 atau di Jawa. Ke depan, Logmart juga akan membuka lagi anak cabangnya yakni di Ciamis dan Garut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan kerja samanya dalam pembukaan ini yang Alhamdulillah bekerja sama dengan Logmart Pusat atau Suara Muhammadiyah. Ini merupakan Logmart pertama yang ada di Kabupaten Purworejo dan merupakan Logmart yang ke 76 di seluruh tanah air atau Jawa. Insya Allah, pembukaan ini akan terus berjalan, setelah Purworejo, besok akan dilanjut di Ciamis, Garutd, dan masih ada 80 pendaftar Logmart yang siap dibuka”, katanya dalam memberikan sambutan.

Lebih lanjut katanya, “Logmart adalah lini bisnis terbaru dari Suara Muhammadiyah yang baru berusia 1,5 tahun. Sebelumnya, Suara Muhammadiyah lebih tenar dikenal sebagai majalahnya, namun dalam perkembangan zaman atau di era digital ini, tentunya Suara Muhammadiyah terkena dampaknya dengan berkurangnya jumlah oplah Suara Muhammadiyah. Yang sebelumnya ada 40.000 per edisi, dengan di zaman digital ini, mengalami penurunan sebanyak 2.000 eksemplar”, tambahnya.

Sebelum mengakhiri acara persemian tersebut, Deni Asy’ari berkesempatan untuk memberikan sambutan dan semangatnya jika Logmart sebagai bagian jihad lil muwajjahah. Jihad yang mlelahirkan sesuatu yang konstruktif, solutif, dan alternatif. “Jika kita sering tidak setuju dengan banyaknya ritel-ritel yang dimonopoli oleh satu pihak, banyaknya ritel-ritel yang dimonopoli oleh para pemodal, maka kita wujudkan ketidaksetujuan itu dengan menghadirkan hal-hal yang bersifat solutif, konstruktif. Yaitu jaringan ritel yang kita miliki, Logmart,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Sambungnya, “Kita ingin mengonsolidasikan potensi ekonomi yang dimiliki oleh warga dan jamaah. Tadi disebutkan bahwa kita punya banyak produk UMKM dan produk warga. Tetapi kita tidak memiliki pasar, karena pasar hanya dikuasai oleh segelintir orang dengan persyaratan dan ketentuan yang tidak menguntungkan bagi kita. Yang memiliki produ-produk yang lain. Maka Logmart menjadi hilir dari UMKM dan menjadi hilir dari produk-produk dari warga,” tambahnya.

Harapan Deni agar menjadi inspirasi untuk memicu produk-produk UKM naik kelas, memicu produk-produk UKM untuk berinovasi dari yang packaging yang standar menuju packaging modern. Dan Logmart yang ada di Purworejo ini menjadi inspirasi bagi warga dan daerah-daerah setempat untuk menghasilkan dan menghadirkan Logmart-Logmart yang sama.

Secara resmi selanjutnya Logmart dibuka dengan prosesi pengguntingan pita di lokasi tersebut. Turut Juga dalam acara ini, Kepala Daerah Pituruh, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pituruh, Bendahara Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purworejo, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Purworejo, Direktur PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah, dan Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). (Cristoffer Veron P)

Exit mobile version