Ujian ISMUBA SMA At-Tajdid Cepu Berbahasa Arab

SMA At-Tajdid Cepu

Ujian ISMUBA SMA At-Tajdid Cepu Berbahasa Arab

BLORA, Suara Muhammadiyah – Ujian Sekolah Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA At-Tajdid Cepu menggunakan pengantar full Bahasa Arab.

Tidak seperti pada umunya sekolahan Muhammadiyah yang menyelenggarakan proses penilaian dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia, pada kesempatan kali ini Sekolah yang terintegrasi dengan pendidikan PontrenMu At-Tajdid Cepu hampir keseluruhan mata pelajaran ISMU menggunakan Bahasa Arab.

Hal tersebut tidak saja hanya kebetulan saja, namun memang dari awal pendirian sekolah pada tahun 2016 memiliki komitmen untuk menjaga marwah Bahasa Arabnya.

Sekolah yang berada di bawah naungan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Blora ini adalah satu-satunya amal usaha Muhammadiyah yang menerapkan metode penyampaian berbahasa Arab di Kabupaten Blora.

Pada pelaksanaan US ISMUBA kali ini, tidak ada perlakuan menganak emaskan antara mapel Ujian Sekolah Diknas dengan Ujian Sekolah ISMUBA. Bahkan dalan pengaturan jadwal pun tidak ada yang menyisihkan satu sama lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar Santri sama-sama konsentrasi menyiapkan ujian antara mapel diknas dengan Ismuba bahkan dengan mapel kepesantrenan.

Pada US tahun ini, peserta ujian sangat antusias dalam mengerjakan US secara Tatap Muka. US diselenggarakan mulai 29 Maret – 13 April 2022. “Ujian itu untuk belajar, bukan belajar untuk Ujian, kalau belajar untuk ujian maka hasilnya hanya dirasakan saat ujian selesai saja. Namun kalau Ujian itu untuk belajar maka manfaatnya akan sangat banyak untuk masa depan” ujar Ust. Ahmad Furqony, S.Ag. M.Pd. (Direktur PontrenMu At-Tajdid Cepu) saat menyampaikan pesan dan nasehat menjelang Ujian Sekolah Santri Akhir. (Helmi Gunawan)

Exit mobile version