Pembekalan Ramadhan SD MBF Al Adzkiya Sambut Bulan Suci

Ramadhan

Pembekalan Ramadhan SD MBF Al Adzkiya Sambut Bulan Suci

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah – Berdasarkan hasil Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022, pihak Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Sehingga dalam menyambutnya , SD Muhammadiyah Billingual Fulldayschool Al Adzkiya Wonosobo mengadakan kegiatan pembekalan Ramadhan “Ramadhan Kareem” dengan tema “The Month of Religious and Education Encouragement”.

Kegiatan ini dilaksankan sebagai wujud kegembiraan warga SD MBF Al Adzkiya dalam menyambut Ramadhan di tahun ini. Kegiatan dilakukan pada hari Jumat (01/04/2022) di kampus SD MBF Al Adzkiya yakni masjid untuk siswa putra dan aula untuk siswa putri.

Pemateri pada kelompok putra dalam kegiatan pembekalan ini adalah seorang guru dari PMDA Darul Arqom Patean Kendal sekaligus Dosen STIK Kendal yakni Ustadz Suyono, M. Pd., Sementara pada kelompok putri diberi materi oleh seorang penggiat dakwah dari Wonosobo yakni Ustadzah Eva Linta Cahyani, Lc., MA.,

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai pembelakalan kepada siswa tentang semua perihal yang berkaitan dengan Ramadhan. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi siswa agar dapat melaksanakan puasa lebih baik daripada tahun sebelumnya. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Kepala Bagian Keagamaan SD MBF Al Adzkiya, Cahyani Dwi Rohmani, M. Pd. I.,

“Meskipun kegiatan keagamaan dan motivasi merupakan agenda rutinan, tapi kita perlu mengadakan kegiatan semacam ini kepada anak-anak, karena saya rasa Ramadhan adalah momen berharga setahun sekali. Jadi kita berusaha agar ilmu-ilmu yang kita ajarkan kita follow up kan kembali, selain sebagai tambahan wawasan keislaman, juga sebagai motivasi agar semakin semangat dalam menyambut Ramadhan ini dan bisa menjadi lebih baik daripada Ramadhan-Ramadhan sebelumya. Itu aharapan kami”

Kegiatan berjalan dengan meriah dan disambut antusias oleh siswa, guru dan karyawan SD MBF Al Adzkya. Hal ini terlihat dari kegembiraan dan keaktifan siswa-siswi dalam menyimak materi yang diberikan oleh ustadz ataupun ustadzah. Siswa-siswi juga terlihat bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diutarakan oleh ustadz maupun ustadzah. Meskipun kegiatan berjalan dengan meriah namun pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan yakni cek suhu, cuci tangan, dan memakai masker.

Antusiasme juga terlihat pada guru dan karyawan SD MBF Al Adzkiya yang ikut serta dalam kegiatan pembekalan Ramadhan ini. Semua guru menyimak materi yang disampaikan oleh ustadz ataupun ustadzah. Beberapa guru juga menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah khazanah keilmuan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh wali kelas 1 Ishaq, Siti Sofiyah, S. Pd., dalam pernyataannya.

“Bukan hanya anak saja yang mendapat manfaar dari kegiatan ini, saya pun merasa dapat ilmu dari kegiatan ini. Saya jadi tahu tenyata ada sunah puasa yang lain yang sebelumnya belum saya ketahui”

Kegiatan diakhiri dengan pembekalan wali kelas terkait agenda Ramadhan 2022 di kelas masing-masing. Selain itu siswa juga diberikan Daily Activity Ramadhan untuk memonitoring kegiatan selama bulan Ramadhan. (Nur Fauzi)

Exit mobile version