Riang Gembira dan Bangga Bisa Ikut Darul Arqam di SDM Limas

SDM Limas

Riang Gembira dan Bangga Bisa Ikut Darul Arqam di SDM Limas

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Darul Arqam ISTIMEWA (Istiqomah Menuju Taqwa) SD Muhammadiyah 15 Surabaya yang dilaksanakan pada hari Kamis sampai Jum’at, 31 Maret-1 April 2022 dengan tetap jalankan protokol kesehatan.

Kegiatan ini sesuai jadwal mulai dari kelas 6, 5 dan 4 dilaksanakan di eLKISI Edupark Mojokerto Jawa timur,”sekarang waktunya siswa-siswi kelas 4 yang ikut Darul Arqam, dengan perasaan riang gembira mereka antusias sekali mengikuti kegiatan ini, semua itu atas do’a dan dukungan persetujuan dari bapak ibu Walimurid, kami mewakili panitia pelaksana Darul Arqam SD Muhammadiyah 15 Surabaya mengucapkan terimakasih Jazakumullahi Khoiron Katsiron,” tutur Siti Nur Kholifah, SPd ketua panitia pelaksana saat dijumpai di halaman sekolah sambil menunggu pemberangkatan.

Berawal dari semangat perjuangan Rasulullah SAW dalam mencetak kader yang luar biasa tersebut, maka SD Muhammadiyah 15 Surabaya sebagai Sekolah Inspiratif mengadakan kegiatan Darul Arqam yang wajib diikuti oleh siswa-siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 sebagai wadah penguatan dan juga kegiatan tindak lanjut dari pembelajaran di kelas yang berkaitan dengan materi ibadah, aqidah, akhlak dan juga amalan di bulan ramadhan.

Kegiatan ini juga berlandaskan pada QS. Ali Imran:104 yakni untuk menyeru kepada amar ma’ruf nahi munkar dan QS. Al Maun:1-7 sebagai semangat perjuangan KH. Ahmad Dahlan saat mengajarkan murid-muridnya untuk mengamalkan isi kandungan QS. Al Maun.

Dengan tujuan, sambung Kholifah panggilan akrabnya,”menanamkan karakter dan budaya islami pada siswa (5 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun).Dan meningkatkan pemahaman materi keislaman agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.”Ungkapnya.

Sesuai dengan jadwal, seluruh peserta Darul Arqam ISTIMEWA kelas 4 berkumpul di sekolah pukul 07.00 dengan membawa perlengkapan yang dibutuhkan saat ikut Darul Arqam, baru pukul 10.30 berangkat menuju ke lokasi Darul Arqam di eLKISI Edupark Mojokerto, karena sebelumnya masih ada ujian praktek hafalan surat do’a dan hadits di kelas nya masing-masing.

Setelah tiba di lokasi, seluruh peserta berbaris rapi sesuai kelompok di halaman eLKISI Edupark Mojokerto, kemudian meletakkan tas dan perbekalan ke kamar nya masing-masing, didampingi bapak ibu guru SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Dilanjutkan pembukaan Darul Arqam di Aula eLKISI Edupark Mojokerto.

Sementara itu, Nazara Nur Kamila, siswi kelas 4 peserta Darul Arqam menyampaikan,”saya senang sekali, jelang puasa di bulan suci Ramadhan ini, saya bisa ikut Darul Arqam yang diadakan sekolah, tuk mendalami ilmu pengetahuan agama Islam dengan benar diluar kelas, bisa mandiri karena jauh dari orang tua dirumah, do’akan ya semoga kita bisa ikut sampai selesai,”serunya, sambil tersenyum bangga membawa buku Panduan Ibadah Siswa. Ali Shodiqin.

Exit mobile version