Bulan Suci Ramadhan: Momen yang Ditunggu Umat Islam

Bulan Suci Ramadhan: Momen yang Ditunggu Umat Islam

Bulan Suci Ramadhan: Momen yang Ditunggu Umat Islam

LAMONGAN Suara Muhammadiyah – Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.

Pasalnya, selama bulan suci Ramadhan ada banyak sekali keutamaan, salah satunya yakni bulan pengampunan dari dosa-dosa yang telah diperbuat.

Tak hanya itu, selama bulan Ramadhan juga semua amal kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh ampunan, banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Memang, di bulan lain perbuatan-perbuatan baik yang biasanya kita lakukan juga berpahala dan tak kalah baik.

Tapi amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan yang dilakukan secara rutin mendapatkan berkah yang melimpah dan dilipatgandakan nilainya.

Pada bulan ini terdapat amalan-amalan sunnah yang tidak terdapat pada bulan lainnya. Maka dari itu, jangan menyia-nyiakan kesempatan bulan Ramadhan ini. Mari bersama-sama kita gunakan momen ini untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Empat Amalan Di Bulan Ramadhan

Maka dari itu, penulis ingin mengingatkan empat amalan penting di bulan Suci Ramadhan ini.

Pertama, mengerjakan Qiyamul-Lail (Shalat Tarawih).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

‎مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. (Syarh Muslim, 3/101)

Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

Tidak hanya itu, shalat tarawih bersama imam juga seperti shalat semalam penuh. Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda:

‎إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’ 447 mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hal ini sekaligus merupakan anjuran agar kaum muslimin mengerjakan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai.

Kedua, mengubah perilaku dengan mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat. Seperti nonton sinetron, bermain media sosial, nongkrong sambil ghibah, dan sebagainya.

Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam QS Al-Mu’minun ayat tiga.

‎وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُوْنَ ۙ

“dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna”.

Dalam tafsirnya “Dan di antara mereka yang akan memperoleh keberuntungan adalah orang yang menjauhkan diri, atau tidak memberi perhatian secara lahir dan batin, dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna, yaitu sesuatu yang sebenarnya di satu sisi tidak dilarang, namun di sisi lain tidak ada mendatangkan manfaat”.

Ketiga, Memperbanyak ibadah. Dengan berdzikir (mengingat Allah SWT), membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, bersedekah, serta bershalawat, dan melakukan hal-hal yang positif.

Di bulan Ramadhan ini, kita perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita. Di samping memperbanyak jumlahnya, secara kualitas ibadah juga perlu ditingkatkan.

Ke empat Perbanyak Bersedekah. Di bulan suci Ramadhan janganlah menunda untuk bersedekah. Sebab, Allah Swt. mencintai orang-orang yang suka membantu antarsesama.

Maka, manfaatkanlah bulan penuh berkah ini dengan memperbanyak bersedekah. Tak harus diberikan secara terbuka, kalian bisa memberikan sedekah secara diam-diam yang mungkin akan mendatangkan banyak kebaikan untuk kalian juga.

Sebab, Sedekah dapat menghapus dosa.
Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Kemudian dengan bersedekah Allah akan melipatgandakan pahalanya. Allah SWT berfirman.

‎اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Mungkin itu saja yang bisa penulis berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian dan sebagai penyemangat di bulan yang penuh ampunan ini.

Gerbang surga telah dibuka lebar-lebar, sementara gerbang neraka ditutup dan setan dirantai di dalamnya. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan selama menjalankan ibadah puasa.

Selamat menyambut bulan Ramadhan 1443 H/2022 M.

Alfain Jalaluddin Ramadlan, Mahasiswa FEB Umla (Universitas Muhammadiyah Lamongan)

Exit mobile version