Ramadhan 1443 H, SMA Muhiba Hadirkan Kegiatan Unggulan 

SMA Muhiba

Ramadhan 1443 H, SMA Muhiba Hadirkan Kegiatan Unggulan

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan Suci, bulan Istimewa bagi umat Islam. Begitu banyak keutamaan bulan ini sehingga dinanti seluruh umat Islam di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Tua, muda, pejabat, rakyat, di manapun berada. Mari berbahagia dengan hadirnya bulan ini

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Babat (SMA Muhiba) Agus Al Chusairi SPd mengatakan sebagai salah satu sekolah excellent Muhammadiyah Jawa Timur, dengan bahagia dan bangga SMA Muhiba mengadakan kegiatan unggulan selama Ramadhan 1443 Hijriyah, Rabu (13/4/2021)

Menurutnya, kegiatan unggulan selama Ramadhan 1443 Hijriyah meliputi Muhiba Ramadhan Camp (MRC), Baitul Arqom dan Darul Arqom, Safari Ramadhan, Ta’jil on The Street dan Grebek Masjid .

Lanjut aktifis Lazismu PCM Babat ini, Muhiba Ramadhan Camp ini merupakan kegiatan bermukimyang dilakukan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah selama 4 hari. Tahun lalu dilaksanakan di desa Moropelang dan tahun ini dilaksanakan di Patihan. Ini memasuki di tahun kedua

Pada Kegiatan ini, aktivis IPM berkolaborasi dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah setempat, MIM, SMPM, dan Taman Pendidikan Al-Quran setempat untuk lebih menghidupkan bulan Ramadhan. Adapun kegiatannya berupa pembelajaran, kajian, kultum, menjadi imam taroweh dan keaktifan majelis lainnya.

Sedangkan kegiatan Baitul Arqom dan Darul Arqom menurut Agus Al Chusairi merupakan pengkaderan dalam pendidikan yang rutin diadakan setiap bulan Ramadhan. Dibedakan nama kegiatan untuk kelas X dan kelas XI, begitu pula untuk konsep materinya. Untuk kelas X dengan nama Baitul Arqom, sedangkan kelas XI dengan nama Darul Arqom.

Lanjutnya, kegiatan Baitul Arqom dan Darul Arqom diharapkan mereka akan menjadi generasi yang kompeten dan mampu menjadi pioner ketika kembali di lingkungan masyarakat. Dalam kegiatan ini mereka memperoleh pembinaan dari Guru dan Pimpinan Persyarikatan di bidangnya.

“Baitul Arqom dan Darul Arqom ini wajib diikuti oleh semua siswa SMA Muhiba sebagai syarat kelulusan. Untuk itu para peserta akan mendapatkan Sertifikat bagi yang lulus,” jelasnya

Kegiatan Safari Ramadhan dijelaskan oleh Agus Al Chusairi merupakan kegiatan Safari siswa terpilih untuk menjadi imam tarawih sekaligus memberi kultum. Mereka terpilih dari siswa yang fasih dalam membaca Al-Quran dan bagus dalam beretorika untuk memberikan kultum kepada jamaah tarawih.

“Mereka kita kirim ke Mushola di Ranting Muhammadiyah sekitar Babat. Hal ini tidak lepas dari pembiasaan kami untuk mengaji al-Quran di setiap awal KBM dan kultum pasca jamaah sholat dzuhur,” pungkasnya

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Aminulloh Fathur Roziqi SPd menyampaikan kegiatan Ta’jil on The Street merupakan kegiatan yang bersifat umum. Dilakukan oleh banyak komunitas ketika di bulan Ramadhan.

Lanjut Wakil Ketua Kwarda HW Lamongan ini, tak terkecuali dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Hizbul Wathan (HW) SMA Muhiba. Mereka membagikan ta’jil untuk masyarakat di depan sekolah.

“Bahkan dengan ikatan alumninya, ada yang tergerak mengadakan di luar kota masih dengan label Al-Muhiba, yakni Alumni SMA Muhammadiyah 1 Babat,” ujar alumni SMA Muhiba ini.

Pembina Dewan Amaliah HW SMA Muhiba Sumardi mengatakan ada kegiatan khusus yang dilakukan oleh para aktifis Pandu HW yakni Grebek Masjid. Menurutnya satu program baru yang baru rilis tahun ini dengan cara bermalam.

Jelas Sumardi, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Amaliah HW SMA Muhiba ini dengan konsep hadir di masjid tertentu sebelum Ashar. Setelah jamaah Ashar para peserta melakukan bersih-bersih masjid dilanjut Kajian Petang dan Buka Bersama.

“Sesaat memasuki waktu Isya peserta yang bertugas akan menjadi imam jamaah Isya, Tarawih, Witir dan Kultum. Selepas Sahur dan jamaah Shubuh dilanjut bersih-bersih Masjid dan setelah itu pulang,” pungkas Wakil Sekretaris Kwarda HW Lamongan ini. (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version