KB Al Amna Bausasran Terakreditasi: Buah Usaha Panjang, Kesabaran dan Do’a Tiada Henti

KB Al Amna

KB Al Amna Bausasran Terakreditasi: Buah Usaha Panjang, Kesabaran dan Do’a Tiada Henti

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – KB Al Amna Bausasaran yang berlokasi di Masjid Al Amna, Bausasran kecamatan Danurejan telah mengalami kemajuan fisik dan aspek akademik hasil pendampingan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui program pengabdian masyarakat 2021. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Isthofaina Astuty dan Meika Kurnai Pudji RDA dari program studi Manajemen yang menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Pada tahun yang sama, KB Al Amna juga mendapatkan program abdimas yang lebih menekankan pada perbaikan kualitas bangunan fisik dan perlengkapan sekolah menjelang dilaksanakan pertemuan tatap muka (PTM).

Program ini dibawah tanggung jawab tim yang beranggotakan Bapak Iskandar Bukhory dari program studi Manajemen dan Ibu Fadia Fitriyanti dari program studi Hukum UMY. Keberhasilan dari 2 program abdimas di tahun 2021 menjadi pijakan bagi KB Al Amna untuk mengajukan akreditasi ke BAnH_PAUD dengan pendampingan dari Tim Abdimas UMY tahun 2022.

“Alhamdulillah, tahun 2021 kemarin KB Al Amna mendapat kesempatan untuk didampingi 2 tim abdimas UMY sekaligus dalam perbaikan kualitas belajar mengajar dan perbaikan kualitas sarana dan prasarana sekolah,” ujar Mike Prana S, SPd selaku kepala sekolah KB Al Amna pada 23 Maret 2022. Mike menambahkan hasil Abdimas tahun 2021 menjadi modal bagi KB Al Amna untuk mengajukan proses penilaian (akreditasi) ke BAnH-PAUD, setelah proses pengajuan ijin operasinal didapat.

“Adanya pengelolaan proses belajar anak-anak KB yang lebih baik dan terdokumentasi, ditunjang dengan sarana belajar yang terkelola dengan baik, APE tersimpan dan dikelompok dengan rapi di almari-almari khusus , juga kelas-kelas yang bersih dan tidak bocor menambah motivasi guru-guru untuk mengambil kesempatan yang diberikan oleh Dinas, yakni mengajukan akreditasi di tahun 2021/2022,” pungkas Ibu Mike.

Kelompok Bermain Al Amna adalah KB yang sudah berkiprah dalam proses mencerdaskan anak usia dini sejak tahun 2008. Segala upaya coba dlakukan dengan keiklasan, segala halangan dan rintangan selalu dihadang dengan kesabaran, semua sumberdaya yang ada telah diberikan oleh ibu-ibu guru Al Amna untuk menegakkan tujuan mulia bagi anak usia dini. Namun KB yang bernaung dibawah Pimpinan Ranting Aisyiyah Bausasaran selalu mengalami kendala-kendala dalam proses pengajuan ijin operasional, sehingga keinginan untuk pengajuan akreditasipun belum terpikirkan.

“KB Al Amna sudah layak mendapatkan kesempatan untuk mengajukan akreditasi,” jelas Isthofaina selaku ketua tim program pengabdian masyarakat tahun 2022 yang diberi judul “Peningkatan Kualifikasi Manajemen dan Kapasistas Proses Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Al Amna melalui Akreditasi”. “Melalui proses pengajuan akreditasi KB Al Amna membuktikan bahwa kelompok bermain ini profesional dalam menyelanggarakan lembaga pendidikan usia dini, komitmen dan terstandarisasi secara nasional,” imbuh Meika selaku anggota tim dari program.

Proses pengajuan akreditasi yang dimulai sejak bulan-bulan terakhir tahun 2021 dan diakhiri dengan visitasi secara on line telah mendapatkan hasil. Namun secara resmi keputusan bahwa KB Al Amna telah terakakreditasi masih menunggu dari lembaga yang berwenang. “Tunggu ya,” ucapan penutup dari tim pengabdian masyarakat UMY.

Exit mobile version