Konservasi Lingkungan Butuh Sinergi Masyarakat

Sinergi

Konservasi Lingkungan Butuh Sinergi Masyarakat

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MLH PDM) Kota Yogyakarta menggelar sarasehan dan buka bersama, Ahad /Ahad 17 April 2022, di aula PDM Jalan Sultan Agung dengan narasumber Heri Setyawan, MSi (MLH PP Muhammadiyah), HM Wirmon Samawi SE., MIB (Dirut KR), dan Harris Syarif Usman SH., MKn (Forum Kota Hijau).

“Pemerintah kota, pelaku usaha dan masyarakat perlu bersinergi dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup sehingga keleztarian alam terjaga,” tandas Harris yang juga sekretaris MLH PDM Kota.

Sinergitas ini penting untuk menciptakan kesepakatan bersama dalam upaya konservasi lingkungan. Tanpa peran dari salah satu pihak, pelestarian alam sulit dilakukan, harus ada formulasi khusus agar sama sama terlibat dalam menjaga lingkungan.

HM Wirmon Samawi menyampaikan kalau dilakukan sendiri sendiri sangat sulit. “Solusi mengatasi permasalahan lingkungan ialah duduk bersama sama untuk merumuskan langkah konkrit kewajiban masing masing pihak apa lalu saling melaksanakan,” pungkasnya.

Harris mencontohkan kondisi Kali Code, ini perlu ditangani bersama sama (pentaholix), karena Kali Code merupakan Ikon Kota Jogja, terkait kebersihannya, penataan permukimannya, sempadan, mata air, sanitasi, wisata dan kuliner serta budaya lokalnya. (Cris)

Exit mobile version