Sarasehan Kebangsaan ke-1, Pemuda Muhammadiyah Kemang Ajak Kaum Muda Peduli Politik

Sarasehan Kebangsaan

Sarasehan Kebangsaan ke-1, Pemuda Muhammadiyah Kemang Ajak Kaum Muda Peduli Politik

BOGOR, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kemang gelar Sarasehan Kebangsaan edisi perdana dengan tema “Puasa, Kenegarawanan dan Syahwat Politik” yang dihadiri oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Bogor, Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Bogor, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Bogor, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Bogor, dan keluarga besar Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kemang.

Bertindak sebagi narasumber Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod Al – Barbasyi, M.Si., didampingi oleh Direktur Eksekutif Amanat Institut Fahd Pahdepie, dan terakhir ada Direktur DEEP Indonesia  Neni Nur Hayati. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo, Bogor, Sabtu 16 April 2022.

Dalam sambutannya Ketua Umum PCPM Kemang Shidiq Anshori menyampaikan bahwa _”pendidikan politik bagi kaum muda menjadi hal yang penting untuk terus kita gaungkan, kegiatan ini bukan untuk deklarasi atau dukungan pada tokoh politik tertentu akan tetapi sebagai ikhtiar untuk menghadirkan diskursus Politik yang segar.

Pada kesempatan yang sama Mudir Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo KH. Dr. Endang Mintarja, MA menegaskan bahwa perbedaan pilihan politik tidak boleh membuat kita lupa akan makna ukhuwwah “Perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar, tidak boleh dijadikan dasar untuk saling menjatuhkan, saling menghujat sehingga kita lupa akan makna persaudaraan baik dalam persyarikatan maupun di luar persyarikatan” tegasnya.

Berkesempatan sebagai pembicara pertama Neni Nur Hayati selaku direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia menyampaikan demokrasi perlu keterlibatan anak muda dalam politik.

“Kekuatan politik memerlukan konsolidasi masyarakat sipil, dan pemuda harus mampu ambil bagian baik di dalam sistem politik maupun di luar sistem agar tetap terbangun check and ballancing dalam proses demokrasi dengan terus mengedepankan progresifitas dan pemikirannya dalam perpolitikan nasional,” tandasnya.

Menambahkan, Fahd Pahdepie yang merupakan seorang CEO di inilah.com dan juga sebagai Direktur Eksekutif Amanat Institut  memaparkan bahwa kita sebagai anak muda harus benar-benar mengerti tentang politik. “Dalam kajian ke-Islam-an kita tidak asing dengan kata kekuasaan, tentang kata power. Oleh karena itu perlu belajar Power dari Nabi Muhammad tentang bagaimana Power Plays. Power Relations dan Power Interractions sehingga gerakan dan langkah politik menjadi menyeluruh dan tinggi”, pungkasnya.

Sebagai narasumber terakhir pada Sarasehan Kebangsaan edisi perdana ini Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasyi, M.Si dalam penjelasannya menyampaikan bahwa politik itu penting, dan anak muda harus berperan aktif serta berfastabiqul khairot di dalamnya.

“Dalam berfastabiqul khairot di ruang-ruang politik, pemuda harus mampu mendayagunakan kekuatan baik secara personal maupun komunal, pentingnya politik maka untuk menggapainya harus sepenting bagaimana posisi politik itu penting, oleh karenanya pemuda muhammadiyah diharapkan memiliki pola pikir yang lurus dan tetap mengedepankan idealisme dengan realitas yang seimbang” Jelasnya.

Pada akhirnya Sarasehan Kebangsaan edisi perdana sebagai ikhtiar PCPM Kemang untuk memberikan pendidikan politik untuk kaum muda berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan buka puasa bersama. (Hendra A)

Exit mobile version