Tasmi’ Memperingati Nuzulul Qur’an SMK Muhammadiyah Cimanggu

SMK Muhammadiyah Cimanggu

Tasmi’ Memperingati Nuzulul Qur’an SMK Muhammadiyah Cimanggu

CILACAP, Suara Muhammadiyah“One of the wonders of the Qur’an is that you don’t change its contents, but its contents can change your life.” (“Salah satu keajaiban Al-Qur’an adalah kamu tidak mengubah isinya, namun isinya mampu mengubah hidupmu.”)

Al-Qur’an sebagai kitab suci yang diturunkan Allâh Swt kepada Nabi Muhammad Saw adalah merupakan salah satu rahmat yang sangat besar, yang menjadi petunjuk dan pedoman bagi orang-orang yang beriman serta mengamalkannya.

Dari Utsman bin Affan berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ. (رواه البخارى)

Artinya : Hadits Shahih Bukhari No. 4639, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Bertempat di Masjid HD. Ali Hamdan Pontrenmu Annur Insan Mulia SMK Muhammadiyah Cimanggu, Ahad, 17 April 2022,  menyelenggarakan uji publik Hafalan (Tasmi’) 10 Juz kepada siswa kelas XI TKJ dan juga sebagai santri Pontrenmu Aila atas nama Farchanudin uji publik tasmi meliputi Juz 1,2,3,24,25,26,27,28,29 dan 30.

Dengan penguji sebagai murobbi yaitu Roisul Madrasah sekaligus Kepala Sekolah Bapak Daryo, S.Kom,MM, M.Pd, Ketua Dikdasmen Drs.Darsito, MM, Ketua Majelis Tabligh Ust.Rakhmat Efendi, S.Ag, Ketua Majelis Kader Ust. Surdi Miftahudin, S.Pd.I, Pengasuh Pontrenmu, Ust Deni Zakaria, S.Pd, Lc, Pengurus Lazismu Ahmad Susanto, S.Pd, MM, Manager KSPPS AKU Supar, A.Ma, PCPM Cimanggu Toto Haryanto, SE. Serta Dewan Asatidz Pontrenmu Aila Cimanggu.

Sejumlah rewward diberikan oleh para penguji sebagai bagian bentuk apresiasi kepada Farchanudin untuk terus menambah hafalannya.

Ada 5  kategori dalam Tasmi tersebut  yaitu : Mumtaz, Jayyid Jiddan, Jayyid Maqbul, Dhoif dan  Dhoif Jiddan. Semua penguji menyatakan peserta Tasmi atas nama Farchanudin di nyatakan Mumtaz

Acara Tasmi juga dihadiri dari berbagai unsur yaitu PCM, PCA, PCNA, PCPM,IPM, Santri, Majelis Taklim, Guru Karyawan SMK Muhammadiyah Cimanggu serta perwakilan Siswa kelas Tahfidz SMP Muhammadiyah Plus Cimanggu.

Dengan terselenggaranya kegiatan tasmi yang berakhir Pukul 21.00 WIB karena dirangkai dengan kegiatan Khotmil Qur’an itu membuktikan SMK Muhammadiyah Cimanggu sebagai Pusat Keunggulan selalu memberikan ruang kepada siswa untuk mengembangkan potensinya yang dalam hal ini potensi dari aspek kecerdasan relegius sekaligus sebagai ikhtiar merawat sinergitas dengan semua elemen masyarakat.

Tasmi’ ini juga merupakan kegiatan wajib di ikuti oleh siswa karena SMK Muhammadiyah Cimanggu selain sebagai Pusat Keunggulan juga Sekolah yang berbasis Komunitas Pondok Pesantren Annur Insan Mulia Muhammadiyah Cimanggu. (Aila)

Exit mobile version