Abdimas Dosen Manajemen FEB UMY, Strategi Digital Branding TK ABA PATUKAN
YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dra Hasnah Rimiyati,MSi dan Drs Edi Supriyono, MM, mengadakan kegiatan pengabdian pada Masyarakat bertempat di TK ABA Patukan, Sodanten Gamping, Sleman, Yogyakarta, pada hari hari Jum’at (8/4).
Bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah memberikan Pelatihan Penerapan Teknologi Informasi (TI), dengan materi Digital Marketing Strategi untuk Sekolah melalui pemanfaatan media social, dilanjutkan dengan Pelatihan Manajemen Keuangan sekolah bagi para guru.
Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal yang disingkat dengan TK ABA, merupakan Lembaga Pendidikan yang berada dibawah naungan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, yang hingga kini telah berkembang pesat ke berbagai cabang dan ranting ‘Aisyiyah, termasuk salah satu diantaranya adalah TK ABA Patukan.
Pelaksanaan kegiatan abdimas ini UMY bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta, yang di pimpin oleh ibu Dra. Anis Wardani. Beliau sangat menyambut baik kegiatan pelatihan ini yang bertujuan untuk meningkatkan skill para guru TK ABA Patukan ini (ujar Hasnah).
Perkembangan teknologi Informasi membawa perubahan dalam masyarakat. Hampir semua sektor usaha kini tak dapat terlepas dari peran digital marketing, termasuk juga dibidang Pendidikan. Pengertian Digital Marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet.
Sejumlah sekolah kini perlu meningkatkan daya saing melalui peningkatan skill para guru dalam kemampuan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Digitalisasi di berbagai lini menyebabkan fenomena baru dimana pemasaran yang dulunya dilakukan secara konvensional, saat ini mulai bergeser dengan menggunakan teknologi internet.
Peran internet yang dapat memasarkan suatu produk maupun jasa, termasuk jasa pendidikan dalam menyampaikan dan mengkomunikasikan pesan kepada masyarakat dengan menggunakan metode digital marketing. Marketing Sekolah adalah serangkaian proses yang kita lakukan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan produk-produk sekolah kita kepada khalayak luas.
Pelatihan Marketing Sekolah ini disampaikan oleh Hasnah Rimiyati. Melalui digital marketing sekolah dapat mengkomunikasikan berbagai keunggulan yang dimiliki sekolah, serta dapat melakukan “Branding” sekolah.
Program Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan skill para guru TK ABA Patukan dalam memanfaatkan teknologi Informasi, agar dapat melakukan “Branding” sekolah, dengan memanfaatkan media social (diantaranya Instagram dan Youtube). Agar peserta memiliki wawasan tentang peran penting “Marketing Sekolah”, sehingga mampu mengkomunikasikan “Visual Identity”, “Value Identity” dari sekolahnya. “Visual Identity” bertujuan membangun image sekolah, melalui tampilan fisik sekolah, diantaranya berupa gedung, warna cat, seragam dan logo.
Selanjutnya “Value Identity” pada nilai dan unggulan yang dimiliki sekolah, dapat berupa diferensiasi sekolah, kurikulum, dan sebagainya yang merupakan unggulan dari sekolah tersebut. Untuk melengkapi materi Marketing Sekolah, dilengkapi dengan pemberian tutorial penerapan TI, dipandu oleh Husaen Ali, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY.
Materi tutorial yang diberikan pada peserta meliputi: cara membuat akun di media social, membuat akun Youtube channel sekolah, membuat Profil Sekolah TK ABA Patukan, serta membuat konten Youtube dari kegiatan siswa di sekolah, hingga tutorial meng-upload Video di Youtube. Pelatihan ini diikuti oleh semua guru TK ABA Patukan dengan antusias, dari awal hingga berakhirnya sesi. Guna melengkapi pengelolaan sekolah peserta juga diberikan materi mengenai pengelolaan manajemen keuangan sekolah yang disampaikan oleh Edi Supriyono, MM.
Di akhir sesi pelatihan, Kepala Sekolah TK ABA Patukan, Hastini Setyawati,SPd menyampaikan ucapan terimakasih atas tambahan pengetahuan yang diberikan oleh Tim Abdimas UMY, baik mengenai pemahaman pentingnya Marketing Sekolah, penerapan Digital Marketing Strategi, sehingga sekolah TK ABA Patukan saat ini telah memiliki Youtube Channel yang bermanfaat sebagai media menyampaikan informasi kegiatan siswa selama belajar di sekolah.
Terlaksananya kegiatan abdimas ini, tak lupa Tim mengucapkan terimakasih pada Mitra Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang yang telah mendukung pelaksanaan program ini, pada Ibu Kepala Sekolah atas partisipasi para guru, juga pada pihak LPM UMY yang telah memfasilitasi kegiatan abdimas para dosen UMY. (rpd)