SDM Limas Simulasi Shalat Idul Fitri

Idul Fitri

SDM Limas Simulasi Shalat Idul Fitri

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Abidzar Galib Al Wafi siswa kelas 5 KH Mas Mansyur SD Muhammadiyah 15 Surabaya sebagai imam simulasi shalat Idul Fitri 1433 H. di halaman sekolah, 20 April 2022, mengajak seluruh jama’ah menata shaf dan berbaris yang rapi.

Simulasi ini merupakan rangkaian kegiatan Darul Arqam SD Muhammadiyah 15 Surabaya, diikuti seluruh siswa-siswi kelas 1 sampai 6, didampingi ustad dan ustadzah dengan tetap jalankan protokol kesehatan.

Sebelumnya seluruh siswa-siswi diharapkan membawa alas shalat, (koran dan sajadah), memakai sandal,”teman-temanku semua yuk kita laksanakan simulasi shalat Idul Fitri 1443 dengan khusyuk dan tumakninah, tertib dan tenang,”ajak Abidzar, panggilan akrabnya sambil melihat baris makmum sebelah kanan dan kekiri.

Selesai melaksanakan simulasi shalat Idul Fitri 1443 H dilanjutkan ceramah agama Islam (Khatib), yang bertindak sebagai Khatib adalah Alzam Fadhil Hisyam siswa kelas 6 Ibnu Sina, materi yang disampaikan tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan.

Allahu Akbar Allahu Akbar Laa Ilaaha Illaahaahu Allahu Akbar Allahu Akbar Wa Lillahilham
Jamaah shalat Idul Fitri Rahimakumullah, hari ini kita laksanakan simulasi shalat Idul Fitri.”Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita semua, bisa melaksanakannya pada tahun ini,”seru Alzam Fadhil, mengawali khatib nya.

Syukur Alhamdulillah kita bisa merampungkan puasa Ramadhan sebulan penuh… Tentu atas ijin Allah SWT. Di bulan yang penuh berkah ini kita menjalankan puasa, dengan menahan rasa lapar dan dahaga… serta hal-hal yang membatalkan puasa. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk kita semua.

Allahu Akbar Allahu Akbar walillahilhamd bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan Rahmat, disebut juga bulan Maghfirah serta Itqu Mina Nar.”Di Bulan ini semua ummat Islam melaksanakan rukun Islam yang keempat yaitu puasa. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 185,”sambungnya, sambil melafalkan bunyi ayat tersebut.

Jamaah shalat Idul Fitri Rahimakumullah, satu ayat yang saya bacakan tadi memiliki makna yang luar biasa dan satu perintah yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim. Saya mau bertanya,”perintah apa yang terdapat dalam ayat tersebut? Para hadirin ada yang tau?… Dalam ayat tersebut terdapat perintah berpuasa.”Ungkapnya sambil memberikan penjelasan.

Keistimewaan bulan Ramadhan diantaranya pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, terdapat malam yang istimewa yaitu malam Lailatul Qadar serta semua dosa kita yang lalu akan dihapus dan diampuni oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu Maka marilah kita jadikan bulan Ramadhan ini, mencari banyak pahala dengan berbuat baik.

Jamaah shalat Idul Fitri Rahimakumullah… Marilah kita perbanyak baca Al Qur’an, jalankan shalat lima waktu tepat waktu dan menjauhi larangan-nya.”Semoga kita semua mendapatkan hikmah dan keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan ini dan menjadi golongan yang dirindukan surga Nya Allah SWT. Aamiin ya Robbal Aalamiin,”do’a Alzam Fadhil sambil mengakhiri khatibnya. (Ali Shodiqin)

Exit mobile version