Al-Adzkiya Ramadhan Center for Students

al-adzkiya

al-adzkiya

 

Al-Adzkiya Ramadhan Center for Students

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Billingual Fulldayschool (MBF) Al-Adzkiya Wonosobo menyelenggarakan Al-Adzkiya Ramadhan Center (ARC) for Students sebagai salah satu bentuk komitmen sekolah dalam memeriahkan Ramadhan di tahun ini. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 18 s/d 23 April 2022. ARC for Students dilaksanakan setiap hari secara bergantian dengan tujuan untuk mengurangi keramaian. Kegiatan ini dilaksanakan di kelas dan aula SD MBF Al-Adzkiya Jl. Pasukan Ronggolawe, Pegurkukuh, Wonosobo.

Tujuan dilaksanakan ARC for Students adalah untuk memberikan kesan tentang Ramadhan kepada siswa-siswi disebabkan 2 tahun yang lalu sekolah tidak mengadakan kegiatan Ramadhan karena pandemi. Selain itu dengan adanya ARC for Students diharapkan dapat membentuk kepekaan sosial dan sebagai wujud pengejawantahan gerakan filantropi Muhammadiyah pada siswa-siswi. Karena pada ARC for Students ini diadakan juga kegiatan pengumpulan zakat fitrah, pemberian kado ramadhan, kegiatan menyumbang pakaian bekas layak pakai.

Penanggungjawab ARC, Siti Sofiyah, S. Pd. Menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk peserta didik.

“Kegiatan ini kita lakukan kan karena anak sebelumnya sudah belajar terus, jadi sebelum kita liburan lebaran kita refreshing dulu. Kita konsepnya mirip seperti pesantren kilat hanya kita bukan hanya materi saja, karena kalau materi saja pasti akan bosan, jadi disitu ada games dan peduli sosial juga. Jadi kegiatannya tidak membosankan. Insayaallah” Ujarnya

Kegiatan ARC diawali dengan pengkondisian, kemudian disambung dengan doa dan pengumpulan pakaian layak pakai. Selanjutnya adalah kegiatan Salat Dzuha dan tadarus Al-Qur’an di masjid. Kemudian dilanjutkan dengan materi outdoor dan kegiatan games di kelas. Terakhir adalah persiapan pulang. Mesikpun semuanya telah melakukan vaksin lengkap namun kegiatan ARC ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni sebelum masuk sekolah siswa-siswi diwajibkan melakukan cek suhu dan selama kegiatan siswa-siswi juga diwajibkan memakai masker.

Materi pada kegiatan ARC disusun oleh panitia sesuai dengan perkembangan kognitif anak. Pada materi outdoor adalah dalil puasa untuk kelas 1, kewajiban berpuasa untuk kelas 2, adab berbuka puasa untuk kelas 3, adab sahur untuk kelas 4 dan adab berbuka untuk kelas 5. Pada kegiatan game juga dibedakan berdasarkan perkembangan kognitif anak yakni mewarnai kegiatan puasa untuk kelas 1, mearnai, menggunting, dan menempel untuk kelas 2, membuat poster tentang sahur untuk kelas 3, membuat poster tentang berbuka untuk kelas 4, dan membuat poster tentang amalan bukan ramadhan untuk kelas 5.

Menurut pernyataan salah seorang siswa kelas 5 yakni Elzaira Kanaya Wardana bahwa dirinya merasa senang dengan diadakannya kegiatan ARC tersebut karena dapat melakukan banyak hal.

“Kegiatan ARC sangat menyengakan karena di ARC saya bisa belajar sambil bermain, bisa menambah ilmu dan pengetahuan juga seputar ramadhan. Dia juga menyarankan jika kegiatan yang meberi manfaat ini dirasa kurang lama” Ujar Naya.

 

Exit mobile version