SD Muhammadiyah Sapen Gelar Gebyar Literasi #6

Gebyar Literasi

SD Muhammadiyah Sapen Gelar Gebyar Literasi #6

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam Rangka mengembangkan kegiatan literasi di lingkungan sekolah, SD Muhammadiyah Sapen menggelar kegiatan Gebyar Literasi. Kegiatan Gebyar literasi diikuti oleh guru, siswa, dan orangtua SD Muhammadiyah Sapen. Kegiatan yang berlangsung selama sebulan diikuti sekira 1832 peserta diinisiasi Perpustakaan An-Nafid SD Muhammadiyah Sapen bekerjasama dengan Bagian Pendidikan dan Pengajaran serta Bagian Bakat dan Minat.

Kegiatan Gebyar Literasi memperlombakan 18 cabang lomba yang mewakili berbagai jenis kegiatan literasi di antaranya : literasi baca tulis, literasi kewarganegaraan dan budaya, literasi digital, literasi finansial, Engish Festival, Science and Math Olympiad, lomba karya tulis ilmiah dan fiksi untuk guru, read a loud, dan lomba penyiar radio.

Kegiatan literasi yang dilakukan secara virtual dan offline ditutup dengan Awarding award bagi para pemenang yang dilangsungkan secara virtual melalui channel youtube SapenTV dipandu empat sekawan deBriend’s, penyiar Sapenradio dengan tata panggung yang sangat spektakuler, Jumat, (22/4) dari studio SapenTv.

Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. menjelaskan kegiatan Gebyar Literasi secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, kegiatan Gebyar Literasi telah memasuki tahun keenam. “Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan bertujuan untuk mengasah literasi dan kreatifitas semua anggota warga sekolah dan demi komitmen meningkatkan gerakan literasi di sekolah,” kata Agung Rahmanto.

Agung juga menambahkan walaupun kegiatan Gebyar Literasi secara rutin dilaksanakan setiap tahun, tetapi di dalam setiap kegiatannya selalu ada cabang-cabang lomba baru menyesuaikan dengan kebutuhan warga sekolah yang kekinian, di antaranya lomba media edukasi, tari klasik,  dan tari kreasi baru. ‘Tidak dimungkiri perubahan-perubahan berjalan dengan cukup dinamis, sehingga kegiatan Gebyar Literasi pun disesuaikan dengan kebutuhan warga sekolah yang lebih update”, tambahnya.

Kegiatan Gebyar Literasi kali ini sangat menggembirakan, ungkap Agung. Besarnya animo warga sekolah baik guru maupun siswa untuk mengikuti kegiatan lomba literasi menjadi sinyalemen positif bagi pengembangan literasi di lingkungan sekolahnya. “Saya sangat mengpresiasi animo dari guru dan siswa yang sangat responsif untuk mengikuti kegiatan Gebyar Literasi. Besarnya animo warga sekolah untuk mengikuti kegiatan ini, diharapkan dapat berimplikasi positif bagi pengembangan gerakan literasi di sekolahnya secara massif,” pungkasnya. (riz)

Exit mobile version