Saat IMM Rosyad Sholeh dan IMM FIKes UNISA Berkolaborasi

IMM

Saat IMM Rosyad Sholeh dan IMM FIKes UNISA Berkolaborasi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Rosyad Sholeh dan Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Milad IMM ke-58 dengan tema “Mewujudkan Generasi Berkeadaban, Menyongsong Peradaban”. Peringatan Milad IMM ke-58 ini diawali dengan webinar tentang beasiswa S2 yang difokuskan untuk alumni kemudian dilanjutkan dengan stadium general, srawung roso, dan diakhiri dengan serangkaian lomba.

Alhamdulillahirabbil’alamin, rangkai kegiatan Milad IMM tahun ini dapat diselenggarakan dengan lancar menggunakan 2 skema acara yaitu online dan offline hingga pekan terakhir April 2022. Untuk webinar, stadium general, dan lomba-lomba dilaksanakan secara online dan kegiatan srawung roso dilakukan secara offline. Penggunaan 2 skema acara ini merupakan angin segar bagi berbagai organisasi mahasiswa di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta khususnya berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan secara offline terbatas. Untuk kegiatan srawung roso sebagai satu-satunya acara dengan skema offline berlokasi di Omah Tinom, Sidoarum, Godean, Sleman.

Dalam kegiatan webinar scholarship yang diselenggarakan hari Selasa (15/03/2022) dengan pembahasaan kiat-kiat sukses beasiswa LPDP dibersamai oleh Cesa Septiana Pratiwi, M.Mid., Ph.D. selaku Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Turut hadir pula pembina dari PK IMM Rosyad Sholeh, Diska Arliena Hafni, SE., M.SA., Akt., CA., Ketua Umum PK IMM Rosyad Sholeh periode 2018-2019 IMMawan Safrilul Ulum, S.A.P., Ketua Umum PK IMM Rosyad Sholeh periode 2019-2020 IMMawan Raif Al Fawas, S.Ak., dan Ketua Umum PK IMM Rosyad Sholeh periode 2020-2021 IMMawan Sofyan Faisnanto.

Turut hadir pula immawan dan immawati baik yang masih menjabat struktural maupun alumni IMM se-UNISA. Besar harapan dari kegiatan ini agar kedepannya meskipun sudah alumni tapi masih tetap memegang teguh tujuan IMM. Aksi konkritnya adalah dengan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga dapat memperluas sayap dakwah Muhammadiyah.

Kemudian untuk kegiatan stadium general hari Jum’at (18/03/2022) dalam rangka Milad IMM ini dibersamai oleh Ki Ashad Kusuma Djaya selaku Wakil Ketua PDM Kota Yogyakarta sekaligus Pembina Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Razaq Fakhruddin Kota Yogyakarta. Turut hadir Pembina Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Kesehatan Iwan Setiawan, S.Pd.I, M.S.I. dan alumni IMM FIKes dan IMM Rosyad Sholeh UNISA.

Turut hadir pula perwakilan komisariat dari PK IMM se-Cabang AR Fakhruddin Kota Yogyakarta. Stadium General bertema “Refleksi Gerakan Milad IMM Sebagai Spirit Gerakan Berkeadaban” ini membahas tentang bagaimana momentum Milad IMM ini dijadikan sebagai spirit atau semangat agar kedepannya kader IMM dapat menciptakan gerakan yang berkeadaban.

Selanjutnya, dalam momentum Milad IMM ke-58 ini menginisiasi terselenggaranya temu alumni dengan nama acara Srawung Roso pada hari Sabtu (19/03/2022). Selain sebagai ajang silaturahimm antar kader, acara ini juga menjadi refleksi bagi kader IMM se-UNISA khususnya agar tetap menjaga dan merawat segala hal yang sudah para alumni bangun di masa lampau. Dalam acara ini mengundang Ketua Umum IMM STIKES ‘Aisyiyah periode 2016-2017 Akmal Haekal, S.Kep., Ns., Ketua Umum PK IMM UNISA periode 2017-2018 Rifqi Annafi, S.Ftr., dan Ketua Umum PK IMM Rosyad Sholeh periode 2018-2019 IMMawan Safrilul Ulum, S.A.P. sebagai narasumber pada kegiatan Srawung Roso.

Turut hadir pula immawan dan immawati baik IMM FIKes maupun IMM Rosyad Sholeh. Disana sampaikan terkait bagaimana kisah singkat dan perjuangan ketika IMM UNISA mengalami pemekaran menjadi IMM FIKes dan IMM Rosyad Sholeh. Besar harapan agar forum-forum seperti ini akan selalu ada dan semakin banyak kisah yang dapat kader peroleh sebagai refleksi diri dan pemantik semangat untuk berfastabiqul khairat.

Terakhir adalah lomba-lomba dalam rangka memeriahkan Milad IMM ke-58 ini. Terdapat 3 cabang lomba yaitu puisi, artikel, dan fotografi. Alhamdulillah antusiasme kader cukup banyak. Kegiatan lomba ini diselenggarakan pada hari Rabu (30/03/2022) hingga Rabu (13/04/2022) dan kemudian pengumuman dilaksanakan hari Sabtu (23/04/2022) via instagram. Masing-masing cabang lomba terdapat 3 juara. Lomba puisi; Khoirunnisa Ahyani (Juara 1), Tri Pinesty (Juara 2), dan Azira Syiffa Ramadhani (Juara 3). Lomba artikel; Renanda Eka Yuliana (Juara 1), Maulida Rifqi Rusydiani (Juara 2), dan Oktaviani Nur Istiqomah (Juara 3). Lomba fotografi; Salma Julia Nur’Aeni (Juara 1), Iswahyura Putra Wasisah (Juara 2), dan Faliqul Isbakh Annaba (Juara 3).

Serangkaian kegiatan memperingati Milad IMM ke-58 mulai dari webinar hingga lomba-lomba yang diadakan semoga tidak hanya sekedar kegiatan momentum saja atau hanya ceremony untuk memperingati Milad IMM.

Akan tetapi setiap kader diharapkan dapat menangkap esensi dari masing-masing kegiatan yang diselenggarakan. Selain itu, Milad IMM ke-58 ini benar-benar dijadikan refleksi bagi kader agar senantiasa menjaga dan memupuk semangat dalam berfastabiqul khairat serta ngurip-uripi IMM. Immawan Safrilul Ulum pernah berkata, “IMM itu hanya sebuah nama. IMM menjadi besar seperti sekarang karena kader-kader yang menjaga nama itu”. (Nur Laila Oktavianingrum)

Exit mobile version