Trio PCIM Halal bi Halal di Masjidil Haram

Masjidil Haram

Trio PCIM Halal bi Halal di Masjidil Haram

MAKKAH, Suara Muhammadiyah – Idul Fitri merupakan momen yang sangat bahagia bagi seluruh umat Islam di belahan dunia manapun. Pada momen idul fitri orang-orang melakukan shalat Ied dan silaturhim atau yang biasa disebut ‘Halal bi Halal’.

Hal ini juga dirasakan oleh tiga keluarga besar istimewa Muhammadiyah, yaitu Muhammadiyah Yaman, Arab Saudi, dan Sudan. Ust Arsyad Arifi mewakili Muhammadiyah Yaman, Ust. Mufti Maula, Ust Ifan Firdaus, dan Ust Ihzar Dinilhaq mewakili Muhammadiyah Arab Saudi, serta Ust Rif’an Ali Hafidz mewakili Muhammadiyah Sudan melaksanakan Shalat Ied dan Halal bi Halal bersama-sama di Masjidil Haram, Makkah al-Mukarramah pada tanggal 1 Syawal 1443 H atau yang bertepatan dengan tanggal 2 Mei 2022.

Walaupun shalat baru dimulai pukul 06.30 KSA, akan tetapi mereka hadir dari tengah malam demi mengantisipasi banyaknya orang yang ingin shalat ied. I’tikaf, doa bersama hingga obrolan keummatan silih berganti menjadi pengisi waktu yang berharga tersebut.

Ketika shalat ied didirikan di Masjidil Haram tersebut maka mereka mengikutinya hingga selesai khutbah. Adapun materi khutbah menyeru kepada taqwa dan kembali ke fitrah serta memperbanyak amal shalih. Setelah itu mereka bermaaf-maafan satu sama lain hingga ditutup dengan foto bersama.

“Shalat Ied dan Halal bi Halal ini tentunya menjadi simbol pemersatu Umat Islam seluruh dunia pada umumnya dan Muhammadiyah seluruh dunia pada khususnya, maka dari itu kita sangat berharap dengan adanya acara bersama ini, kita semua semakin kompak merapatkan barisan, saling merangkul dalam memikul dakwah keislaman dan keummatan yang berkemajuan,” tukas Arsyad Arifi.

Exit mobile version